Puskesmas Mulyoasri Ditutup 14 Hari Akibat Perawat Positif Covid-19

Puskesmas Poned Mulyoasri, Tulangbawang Barat (Tubaba) ditutup 14 hari mulai dari 8-21 Oktober 2020. 

Panaragan – Puskesmas Poned Mulyoasri, Tulangbawang Barat (Tubaba) ditutup 14 hari mulai dari 8-21 Oktober 2020. Penutupan pelayanan tersebut dilakukan setelah salah satu tenaga kesehatan di puskesmas tersebut, Nona E (34) terkonfirmasi positif Covid-19.

“Untuk sementara pelayanan kesehatan Puskesmas Mulyoasri dialihkan di Puskesmas Poned Dayamurni,” ujar Kadis Kesehatan Tubaba, Majril, Kamis 8 Oktober 2020.

Selain menutup pelayanan Puskesmas, kata Majril, seluruh petugas kesehatan juga menjalani isolasi mandiri selama 14 hari. Sedangkan, satu petugas kesehatan yang berstatus ASN yang dinyatakan positif Covid-19 dilakukan perawatan di RSUD Tubaba.

“Yang dirawat di RSUD Tubaba hanya satu yakni Nona E (34) yang ditetapkan menjadi pasien 15. Untuk yang lain melakukan isolasi mandiri,” kata dia.

Majril mengaku pasien 15 tersebut merupakan hasil tracking dari pasien St (61), yang dinyatakan positif Covid-19 setelah sepekan dimakamkan pihak keluarga. Pasien 15 diketahui pernah memberikan tindakan medis terhadap Almarhum ST di Puskesmas Poned Mulyoasri.

“Setelah dilakukan tracking terhadap petugas kesehatan kita mendapatkan satu tenaga kesehatan yang hasil uji swabnya positif yakni pasien 15,” kata dia.

Langkah selanjutnya, kata dia, pihaknya akan melalukan rafid test masal terhadap keluarga dan seluruh petugas kesehatan yang memiliki riwayat kontak dengan pasien 15 tersebut.

“Sama-sama kita berdoa tidak ada tambahan pasien Positif Covid-19. Saya juga menghimbau masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan dengan mengedepankan 3M,” kata dia.

Sementara itu, UH (51) istri pasien Alm ST, dinyatakan negatif covid-19 setelahdilakukan ujiswab. “Kalau istri ST hasil swabnya negatif,” tutupnya. (LP)

Bagikan