Ratusan Ribu Hektare Lahan di California Terbakar

Ratusan Ribu Hektare Lahan Di California Terbakar

Salah satu titik api dalam rangkaian kebakaran hutan di California.

California – Kebakaran hutan di California telah menghanguskan lebih dari 800 ribu hektare lahan sepanjang tahun ini.

Dinas Pemadam Kebakaran California (Cal Fire) menyebut, lahan yang terbakar sejauh ini sudah melampaui ukuran luas negara bagian Delaware.

Dikutip dari laman BBC, Selasa 8 September 2020, kebakaran hutan di California tahun ini diperburuk kemunculan gelombang panas dan sambaran petir.

Akhir pekan kemarin, Los Angeles County melaporkan temperatur udara tertinggi di angka 49,2 derajat Celcius.

Badan Cuaca Nasional AS (NWS) angin kencang mungkin akan menurunkan temperatur mulai Selasa ini, namun juga berpotensi meningkatkan kobaran api.

Cal Fire mengatakan, lebih dari 14 ribu petugas pemadam terus berjuang memadamkan 24 titik api dalam kebakaran hutan di seantero California.

Titik api terbesar, dinamakan Creek Fire, telah menghanguskan lebih dari 31 ribu hektare lahan sejak pertama kali muncul di Pegunungan Sierra pada Jumat pekan kemarin.

Otoritas California mengaku belum dapat mengendalikan kobaran api tersebut. Creek Fire telah menghanguskan puluhan bangunan di kota Big Creek.

Lebih dari 200 pendaki gunung dan peserta perkemahan di California telah berhasil diselamatkan setelah sempat terjebak kebakaran hutan.

Selain Creek Fire, terdapat juga Valley Fire yang telah menghanguskan lebih dari 4.000 hektare lahan. Sementara Bobcat Fire telah menghancurkan sekitar 2.000 hektare lahan, dan memicu evakuasi warga dari Mount Wilson Observatory. 

Sementara itu, KJRI Los Angeles mengimbau semua warga negara Indonesia di California untuk tetap waspada di tengah gelombang panas. WNI diminta selalu mematuhi imbauan otoritas setempat demi menghindari hal-hal yang tak diinginkan.

“Suhu udara di California Selatan dalam beberapa hari ke terakhir sangat ekstrem. Di beberapa wilayah bahkan mencapai hampir 50 derajat Celcius,” jelas Ardian Budhi Nugroho, Konsul Protokol dan Konsuler KJRI Los Angeles. (LP)

Share