Refleksi 75 Tahun RI, FP Daswati Gelar Panggung Budaya

Refleksi 75 Tahun Ri Fp Daswati Gelar Panggung Budaya

Bandar Lampung – Forum Penyelamat Daswati menggelar panggung budaya Minggu, 16 Agustus 2020. Kegiatan sebagai refeleksi kesejarahan dalam rangka memperingati HUT RI ke 75. Daswati merupakan kepanjangan dari Daerah Swantantra Tingkat.

Koordinator FP Daswati Arman AZ mengatakan, HUT RI menjadi momen untuk kembali mengingat sejarah. Menurutnya, Rumah Daswati merupakan bangunan sangat bersejarah bagi Provinsi Lampung.

Sejarahwan Lampung itu, menjelaskan, Rumah Daswati menjadi lokasi dirumuskannya Lampung menjadi sebuah provinsi. Dengan begitu, lanjutnya, sudah seharusnya bangunan yang berada di Jalan Tulang Bawang, Enggal itu menjadi cagar budaya.

“Untuk itu gerakan ini sebagai salah satu bentuk dukungan masyarakat agar pemerintah memberikan perhatian khusus kepada rumah daswati,” kata dia.

Ia juga menambahkan, sebelumya pihaknya juga pernah melakukan advokasi namun belum mendapat respon positif dari pemerintah. Untuk itu kali ini meminta pemerintah untuk serius untuk menyelamatkan Rumah Daswati.

“Rumah Daswati merupakan rahim Provinsi Lampung, pemerintah bisa menggunakannya sebagai cagar budaya atau pun pusat sejarah Lampung,” kata dia.

Jubir FP Daswati Yuridhis menyampaikan, Rumah Daswati hanya salah satu bangunan bersejarah yang tak terurus. Sebelumnya, bekas mess gubernur Lampung telah menjadi lapangan parkir salah satu mall.

“Jangan sampai Rumah Daswati juga ikit menjadi korban pembangunan, cukup mess gubernur saja yang rata,” tegasnya.

Kegiatan diisi dengan pembacaan puisi, tarian budaya, dan pertunjukan musik. Agenda juga dihadiri oleh sejumlah OKP, BEM Universitas se-Lampung, Klasika, PuskamSBL, Kober, KNPI Bandar Lampung, penggiat sejarah, serta budayawan senior. (LP)

Share