Resep dan Tips Membuat Dorayaki Empuk Pakai Teflon

Jakarta – Dorayaki dikenal sebagai pancake Jepang. Kue kesukaan Doraemon ini bisa dibuat dengan mengandalkan teflon. Bisa dibuat di rumah.

Dorayaki memang kue sederhana tetapi kue ini terbilang legendaris karena sudah ada sejak 1914. Membuat dorayaki tidaklah sulit dan bahan baku yang dibutuhkan juga sangat simpel.

Di Indonesia, dorayaki semakin populer lewat tayangan Doraemon. Dalam versi klasik, dorayaki memiliki rasa manis dengan isian kacang merah. Mau bikin dorayaki di rumah bisa mengandalkan teflon saja.

Gunakan wajan anti lengket agar hasil permukaannya mulus dan rata. Oleskan mentega sebelum menuangkan adonan agar hasilnya semakin cantik.

Gunakan api kecil dan masak perlahan supaya matangnya merata hingga bagian dalam. Mau bikin dorayaki untuk camilan di rumah? Lihat resep lengkapnya.

Resep Dorayaki

Bahan

180 gr tepung terigu
2 butir telur ayam
4 sdm gula pasir
1 sdm madu
50 ml susu cair
1 sdm susu bubuk
1 sdt soda kue
Air secukupnya

Cara Membuat:


1. Campur gula, madu, dan telur, kocok hingga mengembang. Kemudian masukkan tepung terigu dan susu bubuk sedikit demi sedikit sambil ditambahkan susu cair. Aduk rata menggunakan spatula.

2. Diamkan adonan selama 15 menit.

3. Panaskan wajan anti lengket yang sudah diolesi dengan margarin. Tuangkan 1 sendok sayur adonan. Masak dengan api kecil hingga pinggirannya matang/beku.

4. Masak sampai satu sisi matang, lalu balik dan masak sebentar. Angkat dan sajikan segera.

Tips:


1. Gunakan tepung terigu rendah protein agar hasilnya empuk dan lembut. Hindari menggunakan terigu protein tinggi yang justru membuat dorayaki alot dan keras.

2. Dorayaki bisa diberi aneka isian ataupun topping. Seperti pasta kacang merah atau ogura, pasta matcha atau pasta cokelat yang bisa dibeli di Toko bahan kue. (Dtk)

Bagikan