Riwayat Pasien Corona yang Meninggal di Lampung, Pernah ke 3 Provinsi

Bandar Lampung – Pasien 02 yang positif terjangkit virus corona atau Covid-19 di Lampung, akhirnya meninggal dunia. Pasien meninggal dunia pada hari ini, Senin (30/3/2020), sekitar pukul 00.30 WIB, di ruang Isolasi RS Abdul Moeloek, Bandar Lampung. Namun, sebelum diketahui positif corona, pasien tersebut sempat berada di Jakarta selama 9 hari.

Tak cuma itu, Kepala Dinas Kesehatan Lampung Reihana mengatakan, pasien 02 tersebut sempat singgah di tiga provinsi. “Pasien memiliki riwayat perjalanan ke Yogyakarta,” kata Reihana dalam konferensi melalui video, Senin. Menurut Reihana, sebelum ke Yogyakarta, pasien laki-laki berusia 35 tahun itu sempat transit di Jakarta selama 9 hari.

Kemudian, pada 4 Maret 2020, pasien melakukan perjalanan ke Palembang, Sumatera Selatan. Selanjutnya, pada 21 Maret 2020, pasien datang ke sebuah rumah sakit di dekat tempat tinggalnya di Lampung.

Gejala flu hingga diare Pasien merasakan gejala demam, sesak napas dan batuk. “Gejala itu sudah terjadi selama 1 minggu,” kata Reihana.

Selain itu, sebelum masuk ke rumah sakit, pasien mengeluh diare, dengan intensitas buang air besar sebanyak 5 – 6 kali per hari. Terkait perjalanan ke Yogyakarta, Reihana mengatakan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan dinas kesehatan setempat untuk melakukan tracing terhadap orang yang pernah melakukan kontak dengan pasien. “Saat pasien terkonfirmasi positif, kami langsung koordinasi dengan Dinas Kesehatan Yogyakarta untuk men-tracing,” kata Reihana. (KMPS)

Share