Roti Bakar, Berawal dari Menyelamatkan Roti Agar Tak Basi

Jakarta – Kedai roti bakar banyak ditemukan di berbagai daerah Indonesia. Mulai dari yang klasik hingga kekinian. Roti bakar juga punya cerita.

Sesuai dengan namanya, roti bakar atau roti panggang merupakan hidangan berupa roti yang dipanggang. Ada dua varian, yaitu roti bakar manis dan juga roti bakar gurih. Roti bakar umumnya jadi camilan di pagi hari atau malam hari.

Tak hanya di Indonesia saja, roti bakar juga populer di berbagai negara lainnya, seperti Korea, Malaysia, Prancis, Amerika dan lainnya. Namun, tahukah kamu sebelum populer sebagai camilan, roti bakar sebenarnya diciptakan untuk mengawetkan roti.

Dilansir dari Today I Found Out (02/10/13) diketahui bahwa dengan menghanguskan irisan roti, maka bisa membuat rotinya bertahan lebih lama, sehingga masih bisa dikonsumsi. Teknik memanggang roti mulai populer sejak kekaisaran Romawi.

Kata ‘toast’ sendiri diambil dari bahasa latin, yaitu ‘tostum’ yang artinya ‘gosong atau hangus’. Roti bakar pertama kali dibuat dengan meletakkan roti di depan api di atas batu panas. Kemudian diciptakan alat pemanggang roti mulai dari jaring-jaring kawat hingga toaster elektrik.

Meski ada alat khusus, tetapi kebanyakan roti bakar di Indonesia dipanggang menggunakan wajan anti lengket atau arang. Konon, rasa roti bakar yang dipanggang menggunakan arang disebut lebih enak dan membuat rotinya lebih beraroma.

Di Indonesia sendiri, daerah yang paling terkenal dengan jajanan roti bakarnya adalah di Bandung, Jawa Barat. Roti bakar Bandung yang klasik menggunakan roti tawar yang bergelombang. Lalu diberi selai seperti strawberry, cokelat, kacang, blueberry, susu kental manis dan parutan keju.

Namun, semakin berjalannya waktu varian roti bakar banyak dikreasikan dengan isian dan topping yang lebih kekinian. Mulai dari topping marshmallow, sereal, nutella, es krim dan masih banyak lagi. Tampilannya juga dibuat cantik, sehingga menarik perhatian.

Nah, di ulasan kali ini, detikFood akan membahas l soal roti bakar mulai dari yang klasik hingga kekinian. Tak lupa, detikFood juga akan memberikan rekomendasi tempat jajan roti bakar yang ada di Jabodetabek, Bandung, Malang dan daerah lainnya.

Bukan hanya roti bakar khas Bandung saja, tetapi juga toast khas Korea yang terkenal dengan cita rasa gurih. Untuk menambah wawasan, kamu juga harus tahu fakta kesehatan mengonsumsi roti bakar. (dtk)

Bagikan