Sambut Tahun Baru Hijriah, Warga Kampung Liwet Cikirai Zikir Bersama

Warga Kampung Liwet Cikirai Zikir Bersama Sambut Tahun Baru Hijriah

masyarakat Kampung Liwet Cikarai, Kelurahan Talang, Telukbetung, Bandar Lampung, saat mengikuti kegiatan zikir dan doa bersama dalam menyambut tahun baru hijriah, Rabu malam, 19 Agustus 2020.

Bandar Lampung – Tahun baru hijriah adalah salah satu hari besar dan momen penting bagi kaum yang selalu dirayakan oleh umat muslim setiap tahun. Perayaan itu biasanya dilakukan dengan melibatkan banyak orang di tempat ibadah, di lapangan atau tempat umum lainnya untuk bersyukur dan menyambung silaturahmi antarsesama.

Kegiatan yang digelar pun beragam di setiap daerah. Ada yang merayakan dengan pawai obor keliling kampung, zikir bersama, atau upacara keagamaan lainnya.

Meski dalam kondisi pandemi Covid-19, masih banyak masyarakat yang tetap merayakan hari raya yang bertepatan pada 1 Muharram itu. Salah satu contohnya adalah masyarakat Kampung Liwet Cikarai, Kelurahan Talang, Telukbetung, Bandar Lampung, Rabu malam, 19 Agustus 2020.

Seluruh warga kampung tersebut berkumpul sepanjang Gang Cikirai yang berada di Kelurahan Talang, tepatnya di Jalan WR Supratman. Masyarakat yang berkumpul dari berbagai usia mulai anak-anak hingga orang tua.

Untuk mencegah adanya penularan virus Covid-19, masyarakat yang hadir pun diwajibkan menggunakan masker. Namun, hal itu menjadi hal yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

Kegiatan itu semakin meriah dengan penampilan hadrah dari pemuda setempat. Dengan diiringi musik rebana, masyarakat bersama-sama melantunkan selawat dengan bergembira.

Usai berselawat, warga pun kemudian berzikir bersama dipimpin tokoh agama. Zikir yang dilantunkan sekaligus bersamaan dengan lantunan doa berlangsung khusyuk.

Ketua Panitia Eko Susanto menuturkan peringatan tahun baru itu juga sekaligus memperingati HUT ke-75 RI. Hal itu ditandai dengan atribut dekorasi dengan tema nasionalisme.

“Kegiatan ini juga sekaligus memperingati dirgahayu ke-75 tahun dan mendoakan agar bangsa kita selalu dijauhi dari berbagai musibah,” katanya.

Kegiatan itu pun turut dihadiri Lurah Talang Sansori. Dia menyampaikan harapannya agar Kampung Liwet Cikirai bisa menjadi kampung santri. “Semoga Kampung Liwet Cikirai ini ke depan bisa menjadi kampung santri yang bisa menjaga kehidupan berbangsa,” kata dia.

Selain menerapkan protokol kesehatan, kegiatan tersebut juga tidak melibatkan warga luar kampung. Hal itu guna mencegah adanya orang tanpa gejala yang membawa virus Covid-19 ke lokasi. (LP)

Share