Santan Bisa Memberi Rasa Gurih Alami Pada Masakan dan Kue

Jakarta – Banyak makanan dan kue yang diracik dengan campuran santan. Penggunaan santan ini punya banyak fungsi, apa saja?

Santan terbuat dari sari daging kelapa yang diparut. Santan sangat berguna pada makanan, terutama kuliner khas Indonesia, bahkan telah dipakai sejak dulu.

Adapun santan bisa dipakai sebagai bahan gulai, opor, lodeh, soto, rendang, kari, sambal goreng dan lain-lain. Selain itu juga dipakai untuk bahan kue-kue tradisional.

Penggunaan santan pada makanan dan kue berguna sebagai pengental, memperkaya rasa hingga menyedapkan rasa makanan. Dulu, membuat santan sendiri memang sedikit sulit.

Hal tersebut turut dirasakan oleh Sisca Soewitomo, Pakar Kuliner Indonesia legendaris. Dalam online talk show (15/10) bersama dengan Kara dan Tetra Pak, Sisca menceritakan perkembangan santan pada kuliner lokal.

“Kalau zaman dulu, waktu saya kecil kita menyiapkan santan itu sulit. Kita beli dulu buah kelapa sendiri, kita harus kupas, parut baru diperes berulang-ulang,” ujar Sisca Soewitomo.

“Kemudian muncul di pasar, beli kelapa bisa diparut ada jasa untuk memarut. Jadi, di rumah tinggal memerasnya,” sambung Sisca Soewitomo.

Dan semakin berkembangnya zaman, santan mudah didapatkan dengan hadirnya santan kemasan, salah satunya santan instan dengan merek Kara. Produk tersebut dikemas menggunakan kemasan yang higienis tanpa mengurangi nutrisinya.

Adanya santan kemasan juga bisa memudahkan ibu rumah tangga saat menyetok bahan baku untuk masak. Terutama dalam kondisi di pandemi COVID-19 seperti ini.

Chef Devina Hermawan, selaku Private Chef dan Cooking Instructor sekaligus ibu rumah tangga menyebut bahwa penting untuk mengatur bahan baku sebelum memasak.

Bagikan