Santri Yatim Semangat Rayakan HUT Kemerdekaan

Santri Yatim Semangat Rayakan Hut Kemerdekaan

Bandar Lampung – Ratusan santri Pondok Pesantren Riyadhus Sholihin merayakan hari ulang tahun Kemerdekaan ke-75 RI, Senin, 17 Agustus 2020. Anak-anak yatim piatu dengan semangat mengikuti serangkaian kegiatan, seperti upacara dan perlombaan tradisional.

Pimpinan Ponpes Yatim Piatu Riyadhus Solihin, Ismail Zulkarnain menjelaskan dirinya bersama ratusan santri yatimnya menggelar upacara bendera dalam memperingati jasa para pahlawan yang merebut kemerdekaan negara.

“Selanjutnya, santri pun diramaikan dengan berbagai gelaran lomba, seperti balap karung, kelereng pakai sendok, makan kerupuk, mencabut koin, dan lainnya,” kata Ismail di ponpesnya.

Menurutnya, kegiatan tersebut digelar untuk memupuk rasa nasionalisme anak asuhnya agar mencintai tanah air. Sebab, dalam merebut kemerdekaan terdapat ulama dan santri yang turut berjuang di dalamnya.

“Berapa nyawa santri dan ulama yang melayang saat berperang melawan penjajah. Jadi jangan dinafikan, apalagi menggiring penilaian yang aneh terhadap santri,” ujarnya.

Untuk itu, lanjutnya, dia berpesan agar santrinya harus terus berjuang meraih cita-cita dan prestasinya. Sehingga dapat berkiprah dan mengabdi untuk bangsa dan negara.

“Setelah ini juga peringatan 1 Muharram. Rencananya kami akan gelar lomba keagamaan, seperti azan, dai, baca Alquran, tahfiz, dan pidato bahasa arab,” kata dia. (LP)

Share