Sarapan Kentang Bisa Lancarkan Pencernaan dan Perkuat Imunitas

Sarapan Sehat Dengan Kentang 2

Jakarta – Tak kalah mengenyangkan dari nasi, kentang juga bisa jadi menu sarapan bernutrisi. Kentang punya banyak manfaat seperti lancarkan pencernaan dan perkuat imunitas.

Kentang pertama kali ditemukan di abad 15 oleh orang-orang Spanyol. Jauh sebelum itu kentang sebenarnya sudah ditanam oleh suku Indica Indian di Peru sekitar 8,000 SM. Baru kemudian kentang menyebar ke Eropa hingga ke seluruh dunia.

Kini kentang termasuk ke dalam jenis sayuran yang populer dan digemari banyak orang. Kentang kaya akan karbohidrat yang bisa memberi rasa kenyang. Selama kentang diproses dengan cara sehat, umbi ini bisa jadi menu sarapan yang enak.

Ada beberapa manfaat yang bisa ditemukan dalam sarapan kentang. Seperti membantu melancarkan pencernaan serta perkuat imunitas.

Berikut lima manfaat dan kandungan nutrisi dari kentang dikutip dari berbagai sumber (09/08).

1. Nutrisi Kentang

Dalam setiap 100 gram kentang mengandung 1,8 gram serat pangan, 1,9 gram protein, 0,1 gram lemak, hingga 20,1 gram karbohidrat. Juga sejumlah mineral seperti tembaga, kalium, zat besi, fosfor dan mangan.

Selain itu kentang juga bebas dari kolesterol sehingga aman untuk dikonsumsi oleh orang-orang yang memiliki kadar kolesterol tinggi. Kemudian dalam 100 gram kentang terdapat 0,211 mg vitamin B.

Jika dibandingkan dengan nasi jumlah vitamin B kentang jauh lebih tinggi. Sementaravitamin B berfungsi untuk membantu tubuh mengolah lemak, protein hingga karbohidrat di dalam tubuh.

2. Antioksidan yang Tinggi

Makanan yang memiliki antioksidan tinggi bisa membantu menangkal tubuh dari radikal bebas yang membahayakan tubuh. Radikal bebas sendiri bisa meningkatkan risiko penyakit kanker, jantung hingga diabetes.

Dengan rutin sarapan kentang, bisa membantu tubuh menjadi lebih sehat. Lewat penelitian yang dilansir dari Healthline (09/08), antioksidan di dalam kentang bisa menekan pertumbuhan sel kanker hati dan usus besar.

Beberapa penelitian juga menemukan bahwa kentang yang berwarna seperti kentang ungu, bisa memiliki kandungan antioksisan 3 hingga 4 kali lebih banyak dari kentang berwarna putih.

3. Melancarkan Pencernaan

Kandungan pati kentang bisa membantu meningkatkan kesehatan saluran pencernaan. Ini disebabkan ketika pati mencapai usus besar akan menjadi makanan yang bermanfaat untuk bakteri baik.

Selain itu kandungan serat yang cukup tinggi membuat sistem pencernaan lebih lancar. Tak ketinggalan kandungan kalium dan mineral yang membuat perut tidak terserang diare dan masalah gangguan perut lainnya.

Sementara itu kandungan pati dalam kentang dapat diubah menjadi butirat. Butirat ini bisa mengurangi peradangan usus besar, mempertahankan kesehatan usus, hingga mengurangi resiko terkena kanker kolorektal.

4. Bebas Gluten

Bebas gluten atau gluten free jadi salah satu kelebihan kentang yang tidak mengandung protein gluten. Sehingga sarapan kentang cocok bagi orang-orang yang sedang menjalani diet gluten free. Banyak ahli gizi yang menyarankan orang-orang untuk mengonsumsi kentang.

Tak hanya bagus bagi orang yang sedang diet. Orang-orang yang rentan dan sensitif terhadap gluten juga cocok menyantap kentang. Di mana kentang tidak membuat perut mereka sakit, diare, hingga mengalami ruam pada kulit.

Sementara itu kandungan magnesium dan kalium di dalam kentang dapat memperkuat tulang. Serta mencegah tulang cepat keropos.

5. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Rutin sarapan kentang bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kentang menurunkan leukosit yang ada di tubuh manusia. Kandungan leukosit yang ada dalam tubuh ini biasanya bisa memicu peradangan dalam tubuh manusia saat sedang tidak kurang enak badan.

Kentang menyehatkan untuk dikonsumsi sebagai menu sarapan. Hanya saja perlu cermat dalam mengolahnya agar tak memperbesar asupan kalori. Misalnya, hidanri memasak kentang dengan cara digoreng. Lebih baik direbus atau dikukus.

Untuk menambah manfaat sehat, kentang bisa dipadu dengan berbagai sayuran. Diolah sebagai salad, campuran omelet atau dipanggang dengan daging dan sayuran. Bisa ditambahkan dalam gado-gado atau pecel sebagai pengganti nasi. (Dtk)

Share