Sat Sabhara Polres Pesawaran Lakukan Patroli Hunting

0
5

Pesawaran, etalaseinfo.com – Demi kenyamanan dan keamanan wilayahnya, Pukul 02.00 Wib dinihari petugas Kepolisian melakukan hunting patroli dan pemeriksaan kendaraan di Komplek Islamic Center Kecamatan Gedong Tataan, Kabupaten Pesawaran, Jumat (09/08/2019).

Kapolres Pesawaran AKBP Popon Ardianto Sunggoro SI.k, SH mengatakan bahwa kegiatan tersebut dilaksanakan secara rutin dibeberapa titik yang teridentifikasi rawan tindak kejahatan bukan saja di Islamic Center, “Kejahatan bisa terjadi kapan saja, namun kita memiliki data bahwa rata-rata pelaku kejahatan melakukan aksinya disaat masyarakat lengang atau sepi. Untuk itu, kita lakukan pencegahan dengan patroli hunting dan melakukan pemeriksaan kepada warga yang melintas di spot yang dimaksud, ” kata dia.

Kejahatan tersebut diantaranya adalah pencurian kendaraan bermotor (Curanmor), pencurian dengan pemberatan (Curat), pencurian dengan kekerasan (Curas) dan kejahatan lain yang dimungkinkan dapat terjadi ketika kondisi masyarakat sepi aktifitas dimalam hari, “Kegiatan juga dilaksanakan guna mencegah curat, curas dan curanmor atau kejahatan lain dimalam hari. Kita mulai secara acak, nah semalam kita lakukan pada pukul dua dinihari sampai selesai dan berlangsung aman,” tutur dia.

Ia juga menjelaskan, dalam melaksanakan tugasnya para personil dilapangan dilengkapi dengan peralatan dan persenjataan sesuai dengan standar operasional, “Kalau petugas yang menjalankan kegiatan semalam atau dinihari perkelompoknya sedikitnya tiga personil, diantaranya Brigpol Ade Sandi, Brigpol Rizki Prasetiawan dan Briptu Puput Uswahyudi,” ujar dia.

Kapolres Bumi Andan Jejama tersebut juga menghimbau kepada seluruh masyarakat diwilayah hukumnya untuk terus meningkatkan kewaspadaan dilingkungan masing-masing dengan meningkatkan komunikasi dengan Bhabinkamtibmas, “Bhabinkamtibmas adalah petugas yang terdekat dengan masyarakat, kami menghimbau untuk terus meningkatkan kualitas komunikasinya, sehingga setiap kegiatan yang mencurigakan lebih cepat terdeteksi dan dapat segera diambil tindakan,” tegas dia. (*)