Satpol PP Tulang Bawang Jaring Belasan Siswa SD dan SMP Main Game di Warnet

0
1

Menggala – Belasan pelajar terjaring razia yang dilakukan petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Tulangbawang, Selasa, 24 Maret 2020. Mereka kedapatan tengah asyik bermain gim online di warung internet (warnet) dan rental play station (PS).

Padahal sejak 17 Maret 2020, Pemkab Tulangbawang telah meniadakan aktivitas belajar tatap muka di sekolah dan meminta para siswa berada di rumah hingga 30 Maret mendatang demi mencegah penyebaran virus korona atau Covid-19. 

Salah satu petugas Satpol PP Kabupaten Tulangbawang Abdi mengatakan pihaknya mendapati 15 pelajar tengah asyik bermain gim online di warnet dan PS saat menggelar monitoring di wilayah Kecamatan Banjaragung, yakni warnet LA Net dan warnet J Net yang berada di Jalan Ethanol Kampung Tunggalwarga, serta Rental PS Alula di belakang Rumah Sakit Mutiara Bunda Unit ll.

“Rata-rata siswa SD dan SMP. Setelah kita berikan informasi mengenai bahaya penularan virus korona dan tetap berada di rumah. Mereka yang tertangkap sedang berada di warnet langsung kita suruh pulang,” kata Abdi.

Abdi menjelaskan kegiatan itu merupakan bagian dari pencegahan penyebaran virus korona. Menurut dia, untuk tahap awal pelajar yang terjaring hanya diberikan peringatan untuk tetap diam di rumah. Namun jika para pelajar masih membandel dan kedapatan masih bermain di warnet dan rental PS, pihaknya akan memanggil orangtua dan pihak sekolah.

Sementara bagi pemilik warnet dan rental PS diberikan peringatan untuk tidak menerima pelanggan ditengah gencarnya pemerintah melakukan pencegahan penyebaran virus korona. “Jika warnet dan rental PS masih membandel, maka sanksi terberat yang diberikan berupa pencabutan izin,” kata dia. (LP)