Satu Korban Tenggelam di Pantai Limau Berhasil Ditemukan

0ccbd0a6 7e23 49ea Bb3e 9bb234c17225

Limau, etalaseinfo.com – Akhirnya upaya tim gabungan dibantu warga berhasil menemukan jenazah Rizki Alamsyah (17), salah satu korban tenggelam di Pantai Muara Dua Pekon Ketapang Kecamatan Limau Kabupaten Tanggamus, Minggu (24/8/20) malam.

Jenzah Rizki diketemukan pada koordinat 05°34’34.0536″ S – 104°45’21.3192″ E. Atau diperkirakan berjarak 100 meter dari lokasi awal tenggelamnya kedua korban di pantai setempat.

Kapolsek Limau Polres Tanggamus AKP Oktafia Siagian, SH mengungkapkan jenazah ditemukan saat salah satu senter warga menyorot ke arah laut melihat mayat korban sudah mengapung dipinggir pantai, tepatnya pada pukul 22.49 Wib.

“Atas penemuan itu, tim dibantu masyarakat segera mengevakuasi korban ke darat daan atas permintaan keluarga korban jenazah langsung dibawah ke rumah duka untuk dimakamkan di Pekon Suka Agung Kecamatan Bulok, Tangamus,” ungkap AKP Oktafia Siagian mewakili Kapolres Tanggamus AKBP Oni Prasetya, SIK., Senin (24/8) pagi.

Terpisah Danpos SAR Kota Agung Heri Amsoni mengatakan bahwa salah satu korban tenggelam di Pantai Muara Dua Pekon Ketapang, telah ditemukan Minggu malam. Setelah dievakuasi, jenazah remaja itu langsung dibawa ke rumah duka dan diserahkan pada keluarga.

“Tim Pos SAR Tanggamus bersama tim gabungan segera membawa jenazah korban ke rumah duka. Dengan demikian, pencarian fokus untuk menemukan jenazah Agung (22) yang tenggelam bersama korban Rizky,” kata Heri Amsoni.

Diberitakan sebelumnya, pencarian hari kedua pada Minggu (23/8) terhadap dua korban tenggelam di Pantai Muara Dua Pekon Ketapang Kecamatan Limau, dipimpin Kabag Ops Polres Tanggamus Kompol Bunyamin, S.H., M.H.

Dalam pencarian hari kedua itu, menerapkan metode menyisir perairan menggunakan perahu Basarnas serta penyisiran area pinggir pantai sejauh lima kilometer dari titik tenggelamnya dua korban.

Pencarian melibatkan penyelam tradisonal warga setempat serta rayonisasi personel Polsek Limau, Cukuhbalak, Kotaagung, dan Pematangsawa. Bergabung bersama TNI, Polair Kotaagung, BPBD dan Tagana Tanggamus.

Kabag Ops Kompol Bunyamin mengatakan, pencarian manual di pinggir pantai melibatkan personel gabungan serta pencarian di atas perairan menggunakan dua perahu milik Basarnas.

“Pencarian dilaksanakan secara gabungan bersama instansi terkait serta masyarakat di Pekon Ketapang, Kecamatan Limau,” kata Kompol Bunyamin.

Kesempatan itu Kabag Ops Polres Tanggamus mengimbau masyarakat nelayan jika mengetahui adanya jenazah, agar segera menginformasikan kepada petugas terdekat.

Dalam kegiatan itu SAR Kotaagung Heri Amsoni, pihaknya menerjunkan dua unit perahu karet guna menyisir perairan area tenggelamnya dua korban dengan personel Basarnas diterjunkan sebanyak delapan orang menggunakan dua rubber boat.

Adapun, area pencarian pada pukul 07.30 hingga 11.30 WIB dilaksanakan pada area dua mil ke arah timur maupun barat. Namun Minggu siang, diperluas ke arah timur sepanjang tiga mil. Dan malam dilanjutkan pencarian di pinggir laut menggunakan alat penerang.

Untuk diketahui, awalnya dua pemuda dari Pekon Sukaagung, Kecamatan Bulok, Tanggamus, yaitu Rizky (17) dan Agung (22), Sabtu (22/8) sekitar pukul 14.00 WIB bermain bola di bibir Pantai Muara Dua Pekon Ketapang.

Kemudian sekitar pukul 14.40 WIB, Rizky terseret ombak. Mengetahui hal itu, Agung hendak menolong sepupunya tersebut. Namun gagal dan keduanya justru hanyut terseret ombak.

Basarnas Lampung menerima informasi itu dari Kasie Kedaruratan BPBD Tanggamus, Budi, Sabtu sore, pukul 15.25 WIB. Menanggapi laporan tersebut, Kepala Kantor Basarnas Lampung melalui Kasie Operasi Basri, S.Sos. mengerahkan personel yang berada di Pos SAR Tanggamus untuk menuju lokasi dan melaksanakan operasi pencarian dan pertolongan. (*)

Share