Sekda Saipul Pimpin Rapat Kerja LPTQ Way Kanan Tahun 2019

Way Kanan, etalaseinfo.com – Sekretaris Daerah Kabupaten Saipul, S.Sos.,M.IP bersama Pengurus Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Kabupaten Way Kanan menggelar Rapat Kerja Tahun 2019 di SMP Negeri 3 Kecamatan Rebang Tangkas, Senin (30/09/2019).

Dari informasi yang diterima Dinas Komunikasi dan Informatika, pada rapat tersebut dilaksanakan sesuai dengan hasil Rakerda LPTQ Kabupaten Way Kanan  Tahun 2017 di Kecamatan Bumi Agung dengan program kerja yaitu pelaksanaan pembinaan kepada kantong-kantong pembinaan dan pengambangan Al-Qur’an dengan memberikan insentif kepada guru ngaji yang dialokasikan dari APBD Kabupaten.

Selanjutnya, pelaksanaan MTQ dengan menggali potensi dari Kabupaten Way Kanan dan mengirim peserta dari hasil pelaksanaan MTQ. Peningkatan pelaksanaan kegiatan penjaringan peserta MTQ Tingkat Kecamatan melalui kegiatan MTQ atau STQ Kecamatan dan mendorong terlaksananya MTQ atau STQ tingkat Desa/Kampung.

Selain itu, LPTQ Way Kanan juga memiliki program kerja melaksanakan secara rutin Rakerda sebagai wujud evaluasi dan penyusunan kembali program kerja LPTQ Kabupaten Way Kanan, pengadaan kendaraan dinas LPTQ Kabupaten, pembentukan kantong-kantong pembinaan cabang yang dilombakan dalam MTQ serta melaksanakan pelatihan Dewan Hakim MTQ Tingkat Kecamatan.

Kemudian, untuk Program Kerja Tahun 2019 yang telah dilaksanakan yaitu pelaksanaan MTQ Ke-16 Tahun 2019 Tingkat Kabupaten Way Kanan di Kecamatan Rebang Tangkas, selanjutnya pada Tahun 2019 Pemerintah Kabupaten Way Kanan telah memberikan himbauan bantuan kepada peningkatan SDM (guru ngaji) melalui dana desa dan program bansos Kabupaten maupun Provinsi.

Kemudian pada Tahun 2017 melalui arahan Bupati Way kanan untuk dapat meningkatkan prestasi di tingkat Provinsi maka Kabupaten Way Kanan mencapai predikat sebagai Terbaik Keempat pada MTQ Provinsi Lampung Ke-45 di Kabupaten Pesawaran Tahun 2017, Terbaik Kedua pada MTQ Provinsi Lampung Ke-46 di Bandar Lampung Tahun 2018 serta Terbaik Ketiga pada MTQ Provinsi Lampung Ke-47 di Kabupaten Tulang Bawang Barat Tahun 2019.

LPTQ Kabupaten Way Kanan juga telah melaksanakan secara rutin Rakerda sebagai wujud evaluassi dan penyusunan kembali program kerja LPTQ Way Kanan, mengadakan kendaraan dinas LPTQ Way Kanan BE 40 pada Bagian Kesra, terlaksananya pembentukan kantong-kantong pembinaan cabang yangn dilombakan dalam MTQ. Melaksanakan pelatihan Dewan Hakim MTQ Tingkat Kecamatan pada Bulan Januari 2019 serta telah melaksanakan program pemberian reward untuk para pemenang MTQ Tingkat Provinsi Lampung.

Sementara, untuk Rencana Program Kerja LPTQ Kabupaten Way Kana Tahun 2020, dengan mengacu dari hasil rumusan dan pelaksanaan program kerja di Tahun 2019 yaitu  peningkatan pelaksanaan pembinaan dan bantuan uang pembinaan kepada kantong-kantongn pembinaan, peningkatan pelaksanaan MTQ dengan menggaji potensi dari Kabupaten Way Kanan terkhusus bidang-bidang dasar pada beberapa cabang sesuai dengan arahan Ketua LPTQ Provinsi Lampung.

Meningkatkan kualitas pelaksanaan kegiatan MTQ Kecamatan dan mempertahankan terlaksananya MTQ di 14 Kecamatan yang ada serta peningkatan pelaksanaan secara rutin Rakerda sebagai wujud evaluasi dan penyusunan kembali Program Kerja LPTQ Way Kanan, melaksanakan MTQ Tingkat Kabupaten Tahun 2020 serta menetapkan calon tuan rumah MTQ Kabupaten Way Kanan Tahun 2021 dan 2022.(Hms)

Share