Sekda Way Kanan Vicon Bersama KPK dan Pemprov Lampung Terkait Penanganan Covid-19

Way Kanan, etalaseinfo.com – Sekretaris Daerah Saipul S.Sos.,M.I.P didampingi Inspektur Daerah, Dra. Yuliawati, M.M, Kepala Bappeda, Drs.Rudi Joko Kurnianto, S.H, Kepala BPKAD, Drs.Ade Cahyadi, M.Si, Kepala Dinas Sosial, Pardi, S.H., M.M dan Kepala Dinas Kominfo Achmad Ganta, serta Tim Vcon kabupaten, melakukan Video Conference bersama KPK dan Pemprov lampung terkait penanganan Covid-19, Rabu (06/07/2020).

Video Conference Tersebut juga diikuti oleh Sekretaris Daerah Provinsi Lampung, Ir. Fahrizal Darminto, MA, Kasatgas Direktorat Litbang KPK Niken Ariati, Koordinator Wilayah VII Koordinasi Supervisi dan Pencegahan KPK Nana Mulyana, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Lampung, Kisyadi serta Sekretaris Daerah Kabupaten/Kota Se-Provinsi Lampung.

Video Conference kali ini membahas terkait mekanisme peraturan yang berlaku terkait penanganan covid-19 di provinsi lampung yang berfokus pada pengelolaan dana percepatanan penanganan Covid-19. yakni, proses pengadaan barang dan jasa (PBJ), filantropi atau sumbangan pihak ketiga, penyelenggaraan bantuan sosial (Bansos), dan refocusing kegiatan dan realokasi anggaran.

Kasatgas Direktorat Litbang KPK Niken Ariati menyampaikan dalam penanganan covid-19 yang harus menjadi perhatian pemerintah kabupaten kota yaitu.

  • Bersama inspektorat dan BPKP memantau dan mengawasi penerima bantuan dan memastikan penyalurannya dilakukan secara akuntabel dan transparan
  • Bersama BPKP Melakukan pemantauan refokusing dan realokasi anggaran APBD dan penggunaanya meliputi, PBI covid19, jaring pengaman sosial, pembagian sembako, honor petugas dsb.
  • Memantau penggunaan bantuan yang bersumber dari anggaran lain seperti kemensos, kemendes, pemprov, sumbangan masyarakat dan lainnya.
  • Menampung pengaduan masyarakat terkait covid19 melalui website jaga.id serta menyalurkan dan memantau penanganan pengaduannya di inspektorat

Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Lampung, Kisyadi Menjelaskan bahwa saat ini terdapat 6 Kabupaten/kota yang telah  melakukan refokusing dan realokasi APBD sesuai dengan Surat Keputusan Bersama Mendagri dan Menkeu Tentang Percepatan Penyesuaian APBD Tahun 2020 yaitu Kabupaten Way Kanan, Kabupaten Mesuji, Kabupaten Lampung Utara, Kabupaten Pesawaran, Kabupaten Pesisir barat dan Kabupaten Tulang Bawang Barat.

Diharapkan kabupeten/kota lainya dapat segera melakukan penyesuaian APBD sesuai dengan SKB yang telah ditetapkan oleh pemerintah pusat. (KMF)

Share