Sekretaris Dinas Pertanian Tulang Bawang Saksikan Proses Transfer Embrio Sapi

Tulang Bawang, etalaseinfo.com (SMSI)  –  Sekretaris Dinas Pertanian Kabupaten Tulang Bawang, Rina Kusumawardani, S.TP.,M.M. didampingi Kepala Bidang Peternakan dan Keswan, Nasib Subagyo, S.Pt.,M.M. dan jajarannya melakukan kunjungan ke Kampung  Jaya Makmur Kecamatan Banjar Baru, Rabu (9/6/2021) kemarin.

Kunjungan ke kediaman Bapak I Ketut Sukayase ini bertujuan untuk melihat pedet/anak sapi yang dihasilkan dari proses transfer embrio pertama di Kabupaten Tulang Bawang sekaligus melihat proses transfer embrio sapi.  Embrio sapi yang ditransfer kali ini adalah jenis Limousin, ditransfer pada sapi Simental milik Bapak I Ketut Sukayase.

Hal ini menjadi kebanggan Kabupaten Tulang Bawang, khususnya Dinas Pertanian karena telah berhasil melakukan peningkatan populasi sapi dengan teknologi Transfer Embrio.

Pedet yang dilahirkan merupakan sapi Simental yang lahir pada tanggal 14 April 2021 dalam kondisi sehat dengan berat 45 kilogram.  Dalam kunjungan tersebut, Sekdin juga didampingi para dokter hewan, petugas IB, dan Penyuluh Pertanian Kecamatan Banjar Baru.

Teknologi Transfer Embrio merupakan teknologi peningkatan populasi sapi dengan perbaikan kualitas genetik.  TE merupakan teknologi kedua setelah IB (Inseminasi Buatan) yang lebih dulu dan sudah banyak dilakukan oleh para inseminator di Kabupaten Tulang Bawang. (Distani)

Bagikan