Sektor Pertanian Menjadi Penopang Pendapatan Negara

Menteri Pertanian RI, Syahrul Yasin Limpo saat panen padi di areal persawahan Kecamatan Trimurjo, Kabupaten Lampung Tengah, Selasa (6/10).

Lampung Tengah – Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyebutkan sektor pertanian menjadi penopang pendapatan negara dan kehidupan masyarakat Indonesia selama pandemi COVID-19.

“Selama tujuh bulan kita berhadapan dengan COVID-19, pertanian menyumbang pendapatan negara. Semua sektor pertanian tumbuh menjadi 16,42 persen. Ada juga yang tumbuh di atas dua persen yakni infokom karena semua memakai handphone. Tapi yang tumbuh secara nyata itu pertanian,” kata dia saat meluncurkan kartu petani di Kecamatan Trimurjo, Lampung Tengah, Selasa. 

Dikatakannya, ekspor dari sektor pertanian juga tidak mengalami penurunan. Pendapatan dari ekspor sektor pertanian dari Januari sampai Juni sebanyak Rp258 triliun.

“Dan pada Agustus kemarin, ekspor sektor pertanian sebanyak Rp30 triliun. Jadi penyangga semua kondisi yang ada saat ini yaitu hadirnya pertanian yang semakin baik,” katanya lagi.

Saat ini, lanjut Mentan, pertanian menjadi salah satu sektor yang sangat menjanjikan. Bahkan, Amerika Serikat dan Jepang juga tengah memperkuat sektor pertaniannya.

Karenanya, pihaknya saat ini mendorong agar pertanian di Indonesia semakin maju, mandiri dan modern. Terlebih, kondisi alam di Indonesia sangat mendukung seperti lahan, air dan dukungan dari stakeholder. 

“Dan juga sepanjang manajemenya dilakukan dengan benar maka pertanian menjanjikan. Pertanian tidak pernah ingkar janji,” tambahnya. (Ant)

Bagikan