Shin Tae-Yong Punya Rencana Untuk Timnas Indonesia U-19

Jakarta, etalaseinfo.com – Pelatih timnas Indonesia U-19 Shin Tae-yong mengaku sudah menyiapkan rencana untuk penggawa Garuda Nusantara sepanjang tahun ini setelah FIFA membatalkan pelaksanaan Piala Dunia U-20 2021.

Pandemi virus Corona yang belum mengalami penurunan sesuai harapan memaksa FIFA membatalkan Piala Dunia U-20 di Indonesia dan Piala Dunia U-17 2021 di Peru. Namun kedua negara ini tetap mendapatkan jatah tuan rumah untuk event yang sama di 2023.

Pembatalan itu tentunya memberikan pengaruh terhadap pemain timnas U-19 yang sedang menjalani pemusatan latihan (TC). Sebab, beberapa pemain yang ada saat ini dipastikan tidak bisa tampil saat Piala Dunia U-20 digelar pada 2023. Namun mereka tetap bisa mengikuti Piala Asia U-19 di Uzbekistan yang rencananya digelar pada Maret.

Tae-yong mengatakan, ia telah memodifikasi beberapa program sebagai antisipasi terhadap pembatalan tersebut. Menurut Tae-yong, ia akan memasukkan sejumlah pemain yang berusia di atas 20 tahun pada 2023 ke timnas U-23 dan senior.

Juru taktik asal Korea Selatan ini tentunya tidak mengalami kesulitan dalam menentukan timnas yang menjadi tujuan penggawa U-19, mengingat ia juga menukangi timnas U-23 dan senior. Timnas U-23 dijadwalkan mengikuti SEA Games 2021 di Vietnam, serta laga sisa kualifikasi Piala Dunia 2022 untuk tim senior.

“Sangat disayangkan beberapa pemain tidak bisa tampil di 2023. Tapi saya sudah mengantisipasi dan menyiapkan [program] untuk [situasi] ini. Pemain ini nantinya akan menjadi sumber daya bagi tim senior,” beber Tae-yong diwartakan laman Chosun Ilbo.

“Beberapa pemain luar biasa ini bisa saja dimasukkan atau menjadi aset timnas U-23 atau senior. Latihan yang bagus akan menambah persaingan di timnas senior pada masa mendatang.”

Timnas U-19 saat ini sedang menjalani TC di  di Tarragona, Spanyol. Tae-yong telah memanggil 30 pemain untuk mengikuti TC yang direncanakan berakhir pada 31 Januari.

Sementara itu, meski timnas senior sudah tidak memiliki peluang di kualifikasi Piala Dunia 2022, Tae-yong menginginkan pemain menjaga kehormatan. Tae-yong tak ingin anak asuhnya menjadi lumbung poin bagi Thailand, Uni Emirat Arab (UEA), dan Vietnam di laga sisa Grup G.

“Indonesia sudah kalah lima kali dari lima pertandingan. Tapi tim yang sudah kalah lima kali ini akan membuat Thailand, UEA, dan Vietnam berada dalam kesulitan,” ucap Tae-yong. (Goal)

Bagikan