Shin Tae-Yong Sebut Pemain Timnas Indonesia U-19 Tetap Semangat

Jakarta, etalaseinfo.com – Pelatih timnas Indonesia U-19 Shin Tae-yong menegaskan, anak asuhnya tetap semangat melahap program selama menjalani pemusatan latihan (TC) di Spanyol, meski belum ada kepastian uji coba.

Rangkaian uji coba yang diagendakan untuk timnas U-19 tidak berjalan sesuai harapan. Pandemi virus Corona di wilayah Catalunya menjadi penyebab Garuda Nusantara kesulitan melakoni uji coba melawan tim lokal.

Sebelumnya, pemerintah Catalunya melalui departemen kesehatan telah mengeluarkan keputusan mengenai pembatasan aktivitas masyarakat, termasuk olahraga, mulai 7 hingga 17 Januari. Pemerintah hanya mengizinkan pertandingan bersifat profesional, baik domestik maupun internasional.

Keputusan ini dikeluarkan setelah kasus pandemi virus Corona meningkat di wilayah tersebut dalam satu bulan terakhir. Perayaan Natal dan Tahun Baru menjadi salah satu penyebabnya.

Bahkan di Tarragona yang menjadi tempat timnas U-19 menggelar TC, jumlah 125 kasus di pertengahan Desember melonjak menjadi 245 berdasarkan data terakhir, Jumat (8/1). Akibatnya, rumah sakit Universitario de Tarragona Juan XXIII mulai kewalahan.

Kendati situasi itu berdampak terhadap agenda uji coba timnas U-19, Tae-yong menegaskan, anak asuhnya tetap semangat menjalani latihan. Menurutnya, pemain menikmati materi yang diberikan staf pelatih.

“Kami terus berlatih dengan penuh semangat, kerja kerasm dan pemain terus kami asah kemampuannya. Kami berencana kembali melakukan laga internal game, karena kami belum dapat menjalani uji coba,” kata Tae-yong dilansir laman resmi PSSI.

Hal itu diamini Salman Alfarid. Pemain belakang timnas U-19 itu mengatakan, ia menikmati materi latihan yang diberikan tim pelatih. Menurutnya, penggawa timnas U-19 sudah dapat beradaptasi dengan cuaca dingin.

“Alhamdulillah hingga saat ini belum ada kendala berarti untuk saya dan teman-teman di sini. Kami berharap TC ini berjalan lancar, dan kemampuan kami meningkat ke depannya,” ucap Salman.

Seperti diwartakan sebelumnya, timnas U-19 yang menjalani TC hingga 31 Januari dijadwalkan menghadapi Gimnastic Tarragona, Lleida Esportiu U-19, Sabadell U-19, Ceuta U-19, dan Arab Saudi U-19.

Namun TC ini dipastikan tidak diikuti Elkan Baggott dan Witan Sulaeman. Baggott terkendala penerbangan akibat lockdown yang diterapkan pemerintah Inggris. Sedangkan Witan tidak dalam kondisi sehat. Witan sudah meninggalkan Serbia untuk pulang ke kampung halamannya di Palu, Sulawesi Tengah. (Goal)

Bagikan