Siswa Lampung Terpilih Peserta Program Siswa Mengenal Nusantara 2019

0
4
Siswa peserta SMN Lampung 2019 saat mengikuti pembekalan khusus, di Bandarlampung, Rabu (7/8/2019)

Bandarlampung – Sebanyak 23 pelajar SMA/SMK dan SLB di Provinsi Lampung terpilih untuk mengikuti Program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) 2019 yang akan diberangkatkan menuju Provinsi Maluku Utara pada 14 Agustus 2019 mendatang.

Spesialis Pengembangan Komunitas PT Bukit Asam Tbk Salman Yusuf, di Bandarlampung, Jumat, menjelaskan peserta SMN yang telah terpilih itu akan mengikuti rangkaian kegiatan BUMN Hadir Untuk Negeri (BHUN) 2019.

Menurut dia, peserta SMN itu terdiri atas 20 siswa SMA/SMK dan tiga penyandang disabilitas dari kabupaten dan kota se-Lampung.

Mereka adalah Anisa Dwi Putri (SMAN 1 Liwa, Lampung Barat), Anton Kurniansyah (SMKN 2 Metro), Ayatulloh Bhakti Nugroho (SMAN 1 Tanjungraya, Mesuji), Bintang Virgi Setiawan (SMAN 1 Adiluwih, Pringsewu), Dinda Ayu Octavia (SMAN 1 Way Jepara, Lampung Timur), Gilang Audiokorgie P (SMAN 1 Natar, Lampung Selatan), I Gusti Komang Satria Guna Wibawa (SMAN 1 Kotagajah, Lampung Tengah), Kibtijala Sindi (SMAN 2 Kotaagung, Tanggamus).

Kemudian, Marwan Hakim (SMAN 1 Tanjung Raja, Lampung Utara), Muhammad Fajri Amrullah (SMAN 1 Banjaragung, Tulangbawang), Muhammad Govindra Ibra Pratibha (SMAN 9 Bandarlampung), Nancy Aprilia (SMKN 1 Kotabumi, Lampung Utara), Ni Kadek Sari Ratna Kumala (SMAN 1 Banjit, Way Kanan), Noval Ardiansyah (SLBN Metro), Renita Febrianti (SMAN 1 Gedongtataan, Pesawaran), Ria Indriani (SMKN 1 Tanjungraya, Mesuji), Salma Salsabila (SLBN Metro).

Selanjutnya, Salsabila Farah Fajrah (SMAN 2 Pringsewu), Sekar Kirana Nova MP (SMAN 1 Tumijajar, Tulangbawang Barat), Shafanissa Aulia Rachma (SMAN 1 Pesisir Tengah, Pesisir Barat), Sri Laila Nuraini (SMKN 1 Sukadana, Lampung Timur), Tubagus Fajar (SMAN 1 Tumijajar, Tulangbawang Barat), dan Yulia Anggraeni (SLBN Metro).,

Provinsi Lampung juga akan menerima kedatangan siswa/siswi SMN dari Maluku Utara yang akan mempelajari dan mengenal kebudayaan Lampung pada 13 Agustus 2019.

Salman Yusuf menjelaskan, peserta Program SMN 2019 di Lampung itu mendapatkan pembekalan khusus yang berlangsung pada 4-8 Agustus 2019 dan selanjutnya selepas Idul Adha nanti, selama sembilan hari mereka akan mengikuti kunjungan dalam Program SMN ini ke Maluku Utara. Pembekalan antara lain disampaikan Direktur Eksekutif Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Lampung Dwi Hafsah Handayani dan dari redaksi Perum LKBN ANTARA Biro Lampung.

Kegiatan SMN ini, lanjut dia, berupa pengenalan budaya dan kesenian dari kedua provinsi. Selain itu, juga ada bela negara yang akan diberikan materinya oleh Korem 043 Garuda Hitam dan beberapa kegiatan lainnya.

Salman menambahkan, para siswa nantinya akan bertukar informasi dan saling belajar mengenai kebudayaan masing-masing daerah, sehingga memperkaya wawasan mereka tentang daerah-daerah yang ada di Indonesia pada Program SMN, termasuk juga kunjungan lapangan ke beberapa perusahaan BUMN yang ada.

“Umumnya, setelah SMN selesai, peserta SMN masih terus berkomunikasi, seperti saudara sehingga silaturahmi tidak putus. Memang sasarannya seperti itu supaya NKRI ini nggak akan terpecah,” ujar dia pula.

Para peserta SMN itu, lanjut dia, akan diberikan tugas untuk membuat laporan terkait kunjungan mereka selama berada di Lampung.

Manajer Kesekretariatan dan Humas PT Brantas Abipraya (Persero) Rudi Pudianto menambahkan, peserta SMN akan didampingi oleh guru teladan, termasuk untuk siswa penyandang disabilitas yang terpilih mengikuti program ini (tiga siswa).

Siswa Mengenal Nusantara merupakan salah satu rangkaian Program BUMN Hadir Untuk Negeri Tahun 2019 di Lampung pada tahun ini tanggungjawabnya dilaksanakan oleh PT Bukit Asam Tbk, PT Brantas Abipraya (Persero), dan PT Kawasan Berikat Nusantara pada bulan Agustus ini.

Bertepatan dengan HUT RI ke-74, BUMN Hadir Untuk Negeri juga akan menggelar upacara bendera pada 17 Agustus 2019 bersama dengan seluruh BUMN di Lampung, organisasi perangkat daerah, peserta SMN serta masyarakat di Lampung Selatan.

Dalam peringatan HUT Ke-74 Kemerdekaan RI itu, akan diserahkan pula berbagai bantuan untuk pemenuhan kebutuhan dasar bagi masyarakat mulai dari pasar murah, bantuan rumah masyarakat , sarana air bersih serta bantuan elektrifikasi dan MCK.

Sehari setelahnya, juga diadakan kegiatan jalan sehat, berbagai perlombaan dan pasar murah dengan melibatkan masyarakat sekitar di Lapangan Korpri Kalianda, Lampung Selatan pada 18 Agustus 2019.

Kemudian, kuliner gratis, pameran mitra binaan, pengecekan kesehatan gratis serta donor darah dan program bersih lingkungan. (Ant)