Siswa-siswi SD Maupun SMP Semarakkan Pentas Seni GSMS Di Lamtim

0
4

Sukadana, etalaseinfo.com – Mewakili Bupati Lampung Timur, Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan Dan Pembamgunan, Nur Syamsu memberi sambutan dalam acara Pementasan Seni Gerakan Senam Masuk Sekolah (GSMS)  dalam rangka Pekan Kebudayaan Daerah Lampung Timur Tahun 2019, di Aula Rumah Dinas Bupati, Kamis (05/12/2019).

Hadir pula mendampingi, Kepala Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Lampung Timur, Sudarman, Ketua TP PKK Lampung Timur, Putri Ernawati, beserta para Ketua TP PKK Kecamatan se-Kabupaten Lampung Timur. 

Dalam penyampaiannya membacakan sambutan Bupati, Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan Dan Pembamgunan, Nur Syamsu menyambut baik kegiatan ini karena melalui kegiatan GSMS berbagai potensi seni dan budaya yang ada di Lampung akan dapat digali dan dilestarikan. 

“Terkait dengan Kegiatan Gerakan Seniman Masuk Sekolah (GSMS) Tahun 2019, yang pertama kali dilaksanakan di Lampung Timur, saya selaku Pimpinan Daerah menyambut dengan baik kegiatan seni ini, kenapa hal ini saya sampaikan, karena melalui kegiatan GSMS berbagai potensi seni dan budaya yang ada di Lampung akan dapat digali, dilestarikan serta dapat diapresiasi oleh anak didik sebagai media pembentukan karakter berbudi luhur dan mandiri”.

Lebih lanjut Nur Syamsu menyampaikan sebagai apresiasi Pemerintah Kabupaten Lampung Timur agar kegiatan GSMS ini dapat berkelanjutan, maka pada Tahun 2020 Pemerintah Kabupaten Lampung Timur, melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan telah menganggarkan dana untuk kegiatan GSMS berikutnya.

Nur Syamsu mengatakan, dengan adanya kegiatan Gerakan Seniman masuk sekolah ini diharapkan dapat membantu dan memfasilitasi guru seni budaya untuk dapat mengispirasi dan memenuhi pendidikan anak seutuhnya dalam rangka membangun iklim sekolah menyenangkan, mengasikkan, mencerdaskan, dan menguatkan serta menciptakan warga sekolah yang dapat mengapresiasi seni budaya.

Ditempat yang sama,  Ketua TP PKK Lampung Timur, Putri Ernawati meyampaikan bahwa pada tahun 2020 Kabupaten Lampung Timur akan memiliki sanggar sendiri yang bernama sanggar Bumei Tuwah Bepadan. 

“Bapak ibu perlu saya sampaikan bahwa pada tahun 2020 Lampung Timur sudah mempunyai sanggar yaitu Bumei Tuwah Bepadan yang mana anggaran untuk Bumei Tuwah Bepadan itu sudah kita anggarkan di 2020 untuk kebutuhan sanggar”. 

Dalam kesempatan tersebut, selain pementasan berbagai macam seni oleh anak-anak sekolah dasar serta sekolah menegah pertama yang ada di Lampung Timur, dalam acara ini dilakukan pula penyerahan piagam penghargaan secara simbolis kepada kepala sekolah, guru pendamping, seniman, asisten seniman, dan peserta GSMS Lampung Timur tahun 2019. Selain itu dilakukan pula penyerahan bantuan costume tari melinting kepada 20 sanggar seni se-Lampung Timur. 

Usai menyerahkan piagam dan bantuan, acara ditutup dengan foto bersama dengan 21 seniman dan 21 asisten seniman yang hadir dalam acara GSMS Lampung Timur ini. (Humas)