Sosialisasi BDR, Winarni Pesan Aktivitas Belajar Anak Dibuat Menarik

Kalianda, etalaseinfo.com – Ketua Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Lampung Selatan buka Sosialisasi Penguatan Belajar Dari Rumah, Kamis (17/9/2020).

Kegiatan Sosialisasi Belajar Dari Rumah (BDR) yang mengusung tema “Implementasi Pendidikan Karakter Prasiaga, serta upaya meningkatkan daya tahan tubuh anak usia dini melalui Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)”.

Sosialisasi BDR yang dilaksanakan di Aula Kecamatan Bakauheni tersebut dihadiri oleh Plt. Kadis Pendidikan Thomas Amirico, Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Lampung Selatan Yani Thamrin dan diikuti oleh para Tenaga Pendidik, Bunda PAUD Desa se-Kecamatan Penengahan, Ketapang, dan Kecamatan Bakauheni.

Dalam arahannya Bunda PAUD Kabupaten Lampung Selatan Hj. Winarni Nanang Ermanto mengapresiasi kegiatan tersebut, “saya mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih atas terselenggaranya kegiatan Sosialisasi Belajar Dari Rumah ini, seperti kita ketahui bersama saat ini kita ditengah Pandemi Covid 19”, katanya.

“Untuk menjaga anak-anak dan keluarga sudah sepatutnya kita mematuhi aturan yang telah ditetapkan Pemerintah”, ujar Winarni.

“Seperti kita ketahui bersama usia dini utamanya di Pendidikan PAUD dan TK merupakan usia yang efektif untuk mengembangkan berbagai potensi dan kepribadian yang dimiliki oleh anak. Upaya pengembangan ini dapat dilakukan dengan berbagai cara termasuk melalui pendidikan karakter dalam pembelajaran, dan pengembangannya tidak hanya dengan kemampuan kognitif saja, tetapi juga kesiapan mental, sosial dan emosional”, lanjut Winarni.

“Penerapan pendidikan karakter melalui program penguatan Belajar Dari Rumah (BDR) pada anak usia dini dapat dituangkan dalam program harian, yakni melalui kepribadian anak, kemandirian, kedisiplinan, dan tanggung jawab, sehingga anak siap mengikuti Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) pada masa Pandemi Covid-19 saat ini”, papar Winarni.

“Melalui momentum sosialisasi penguatan belajar dari rumah pada anak usia dini ini, diharapkan kita sebagai orang tua dapat membantu anak dalam memahami mata pelajaran yang akan dipelajari oleh anak. Apalagi ditengah pandemi covid 19 ini, seluruh sekolah, baik pada tingkat PAUD hingga perguruan tinggi semua melaksanakan Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring)”, jelas Winarni.

“Ditengah situasi Pandemi Covid 19 saat ini, sistem Imun atau kekebalan tubuh menjadi peran penting bagi anak usia dini. Sistem ini memberikan pertahanan tubuh yang paling optimal dalam melawan virus, bakteri, parasit, maupun jamur penyebab penyakit. Untuk itu penting menjaga dan meningkatkan Imunitas anak usia dini agar kesehatan dan pertumbuhannya tetap terjaga”, imbuh Winarni.

“Menjaga dan meningkatkan kekebalan tubuh anak usia dini melalui Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) di masa Pandemi Covid-19 ini, harus kita lakukan agar anak dapat tumbuh dan berkembang dengan baik”, pungkas Winarni.

“Apapun aktivitasnya pembelajaran anak di rumah harus dilakukan semenarik mungkin dan memberikan edukasi pada anak, sehingga belajar dirumah pun dapat memberikan kenyamanan dan kesenangan tersendiri bagi anak”, tandas Winarni.

Kegiatan Sosialisasi tersebut dilaksanakan di 2 titik, adapun titik pertama dilakukan di Aula Kecamatan Bakauheni dan titik kedua dilaksanakan di Aula Kecamatan Palas yang diikuti para Tenaga Pendidik, Bunda PAUD Desa se-Kecamatan Palas, Way Panji dan Kecamatan Sragi. (KOMINFO)

Bagikan