Supaya Kenyang Lebih Lama, Hindari Sarapan 5 Jenis Makanan Ini

Jakarta – Pernahkah kamu merasa lapar padahal baru beberapa jam sarapan? Mungkin kamu salah dalam memilih jenis makanan untuk sarapan.

Sarapan tidak hanya sekadar menyantap makanan agar perut terisi. Sejatinya sarapan harus memberikan khasiat kesehatan pada tubuh.

Salah satu khasiatnya adalah memberikan energi sebelum beraktivitas. Namun, selama ini banyak orang yang salah dalam memilih jenis makanan untuk sarapan.

Alhasil, setelah 1-2 jam menyantap sarapan, kamu sudah merasa lapar lagi. Menu sarapan yang baik adalah yang mengandung protein dan serat.

Dua nutrisi penting itu bisa membuat rasa kenyang lebih lama, memberikan energi hingga memperlancar sistem pencernaan.

Dilansir dari The Healthy (08/10) berikut 5 jenis makanan yang harus dihindari untuk sarapan.

1. Sereal

Sereal tinggi akan karbohidrat dan gula serta rendah serat. Hal tersebut bisa menyebabkan gula darah melonjak, kemudian turun dengan cepat.

Kondisi itu dapat membuat kamu cepat merasa lapar. Karenanya banyak ahli gizi yang menganjurkan untuk tidak mengonsumsi sereal untuk sarapan.

Menurut ahli gizi Mitzi Dulan, RD yang berbasis di Kansas City, jika kamu ingin sarapan dengan menu sereal, pilihan yang setidaknya mengandung 3 gram serat per porsi.

Kandungan serat yang tinggi akan memberikan energi pada tubuh. Kamu bisa menambahkan gandum, biji rami atau kacang almond ke dalam sereal supaya lebih sehat.

2. Jus Buah dan Sayur

Jus buah sering dipilih orang sebagai menu sarapan. Karena berbahan dari buah-buahan, banyak yang menganggap jus buah sebagai menu sarapan sehat.

Faktanya justru sebaliknya. Menurut ahli gizi Dulan, mengonsumsi jus buah saat sarapan harus dihindari.

“Kebanyakan jus mengandung karbohidrat dan gula yang tidak akan menyeimbangkan nutrisi lainnya dalam tubuh,” ujar Dulan.

Hal yang sama juga berlaku untuk jus hijau terbuat dari sayur-sayuran. Ahli gizi Janet Helm menyebut, baik jus buah maupun jus sayur tidak memiliki cukup protein.

Jika kekurangan protein bisa mempercepat rasa lapar di tengah pagi. Lebih lanjut, Janet menyarankan untuk mengonsumsi buah apel utuh dengan selai kacang yang kaya akan serat, protein dan lemak.

Bagikan