Syahrudin berharap Penilaian Dilakukan Secara Objektif

0
4

Lampung Timur, etalaseinfo.com – Bertempat Desa Labuhan Ratu IV Kecamatan Labuhan Ratu Bupati Lampung Timur yang diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten Lampung Timur, Syahrudin Putera Memberi Sambutan dalam acara Lomba Kesatuan Gerakan PKK KKBKP Kesehatan Tingkat Provinsi Lampung di Kabupaten Lampung Timur, Senin, (02/12/2019).

Acara yang mengusung tema “Kita Gerakkan Keluarga Dan Masyarakat Hidup Sehat Menuju Indonesia Sejahtera” tersebut hadir pula Kadis Kesehatan Provinsi, Dr. Reihana, Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Datang Cahaya Hartawan, Para Kepala OPD, Camat se-Kabupaten Lampung Timur beserta Forkopimcam kecamatan Labuhan Ratu, Kepala Desa Labuhan Ratu IV, Rizal sugianto beserta kepala desa se-Kecamatan Labuhan Ratu.

Dalam arahannya, Syahrudin mengatakan bahwa sebagaimana data yang pernah diterima dan sampai hari ini belum menerima rilis terbaru nya, bahwa kabupaten Lampung Timur ini angka harapan hidup itu 69,97 tahun dan berdasarkan data statistik, angka itu merupakan angka tertinggi ke tiga di provinsi Lampung.

Syahrudin dalam sambutannya menambahkan kiprah PKK di lingkungan masyarakat juga merupakan salah satu ikon bergeraknya civil society dalam peningkatan kesejahteraan keluarga. “Saat ini PKK telah menjadi agen pembangunan dan agen perubahan terdepan terutama dalam peningkatan kesejahteraan keluarga.

Kiprah PKK di lingkungan masyarakat juga merupakan salah satu ikon bergeraknya civil society dalam peningkatan kesejahteraan keluarga dan menjadi lebih terasakan efektivitasnya dengan adanya kader-kader yang menjangkau sampai di tingkat Desa/Kelurahan”.

Sambutan Bupati yang dibacakan oleh Syahrudin dalam acara tersebut menyampaikan Gerakan PKK dengan 10 Program Pokok bertujuan untuk memberdayakan keluarga dalam mencapai kesejahteraan keluarga. Posyandu sebagai wadah kegiatan masyarakat di pedesaan dan perkotaan yang di bentuk dari, oleh dan untuk masyarakat sendiri dalam memberikan layanan sosial dasar secara holistik dan integratif, dalam mencapai target-target RPJM-RPJP.

Syahrudin berharap penilaian ini hanya sebagai pemantik yang memotivasi dan menginspirasi kita bahwa hidup sehat itu penting.

“Saya ingin penilaian ini dilakukan secara objektif, karena ini akan memberikan motivasi kepada masyarakat kita. Saya ingin juga penilaian ini hanya sebagai pemantik yang memotivasi dan menginspirasi kita bahwa penting hidup sehat itu. Bagaimana ini menjadi kebiasaan pola hidup sehat itu, bukan justru karena ada penilaian, kita menjadi tidak tercapai tujuannya secara holistik tadi”.

Ditempat yang sama, Kadis Kesehatan Provinsi, Dr. Reihana, menyampaikan ingin membina tempat yang sudah baik disini menjadi lebih baik lagi, dan masyarakatnya dapat diberdayakan untuk hidup sehat secara mandiri.

“Lomba kesatuan gerakan PKK KKBKP kesehatan, lingkungan bersih dan sehat, dan posyandu, semuanya ada kriterianya dan yang pasti ingin melihat pemberdayaan masyarakat disini, dan ini semata-mata namanya lomba tapi banyak pembinaan. Sebenarnya kami ingin membina tempat yang sudah baik ini menjadi lebih baik lagi, dan masyarakatnya bisa diberdayakan untuk hidup sehat secara mandiri agar sadar bahwa sehat itu dimulai dari diri sendiri”. (Hms-J)