Tambahkan Bayam Dalam Menu Sarapan Agar Dapat 5 Khasiat Sehatnya

Khasiat Sayur Bayam Untuk Menu Sarapan 4

Jakarta – Sayur bayam bisa dijadikan menu sarapan yang sehat. Khasiat sehat bayam sangat banyak, mulai dari menyehatkan otak hingga mata.

Khasiat sehat bayam telah dibuktikan oleh banyak penelitian. Dalam 100 gram bayam mengandung 23 kalori, 91% air, 2,9 gram protein, 3,6 gram karbohidrat dan 2,2 gram serat. Selain itu, bayam juga dikemas dengan vitamin K, A dan C yang jumlahnya banyak.

Maka tak heran, bayam memiliki sederet khasiat kesehatan, seperti menurunkan risiko penyakit jantung, menyehatkan otak, mengatur tekanan darah hingga menyehatkan mata. Untuk mendapatkan khasiat sehat bayam tersebut dianjurkan untuk memasukkan bayam ke dalam menu harian, termasuk saat sarapan.

Bayam bisa diolah menjadi berbagai menu sehat untuk sarapan. Sayur bayam bisa dicampur dengan makanan lain, seperti telur, tempe atau jagung. Cara membuatnya juga mudah dan sederhana.

Dilansir dari Health (18/08) berikut 5 khasiat bayam yang cocok untuk menu sarapan.

1. Bayam Memiliki Sifat Anti Inflamasi

Karena banyaknya nutrisi yang terkandung dalam bayam, bayam sampai dijuluki dengan sebutan superfood. Bayam kaya akan antioksidan yang nantinya berkhasiat untuk melindungi tubuh dari berbagai penyakit hingga meningkatkan daya tahan tubuh.

Kandungan antioksidannya termasuk kaempferol, flavonoid yang terbukti dapat menguraNgi risiko penyakit kanker serta memperlambat pertumBuhan dan penyebarannya. Selain itu ada juga senyawa yang disebut quercetin. Kandungan itu berperan untuk melindungi daya ingat otak.

Tak hanya itu, quercetin juga sering dikaitkan dengan menurunkan risiko penyakit jantung hingga diabetes tipe 2. Banyak ahli gizi yang menganjurkan untuk memasukkan bayam ke dalam menu harian untuk mendapatkan khasiat bayam tersebut.

2. Bayam Merupakan Makanan Fungsional

Khasiat bayam dalam kesehatan ini telah dibuktikan oleh sebuah penelitian. Dalam penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Food & Function, para peneliti merangkum efek perlindungan bayam berdasarkan aktivitas fitokimia dan senyawa bioaktif yang terjadi secara alami.

Temuan penelitian tersebut menyatakan bahwa zat dalam kandungan bayam dapat mengurangi stres oksidatif, kerusakan DNA dan berbagai penyakit. Zat itu juga bisa secara positif mempengaruhi kelancaran metabolisme sehingga menghindari terjadinya peradangan dalam tubuh.

Tak berhenti sampai itu, khasiat bayam yang dihasilkan dari zat tersebut dapat memicu pelepasan hormon rasa kenyang. Karenanya, bayam sangat cocok untuk menu diet bagi yang ingin menurunkan berat badan bahkan bisa mengatasi obesitas.

3. Bayam Baik untuk Kesehatan Otak

Sifat anti inflamasi pada sayur bayam dapat melindungi kesehatan otak, terutama perihal daya ingat. Khasiat bayam itu telah dibuktikan oleh sebuah penelitian. Dalam penelitian tersebut para peneliti memperhatikan pola makan dan kemampuan kognitif lebih dari 950 orang dewasa selama lima tahun.

Para peneliti kemudian tidak menemukan penurunan kognitif pada mereka yang mengonsumsi lebih banyak sayuran hijau seperti bayam. Data menunjukkan bahwa orang yang makan satu hingga dua porsi sayuran hijau setiap hari memiliki kemampuan kognitif yang sama dengan orang bersua 11 tahun lebih muda.

Sementara sebaliknya, para peneliti mendapati orang-orang yang jarang mengonsumsi sayuran hijau justru memiliki kemampuan kognitif yang jauh di bawah rata-rata. Sayur bayam bisa menjadi pilihan, selain mudah diolah juga mudah ditemui.

4. Bayam Dapat Mengendalikan Tekanan Darah

Bayam merupakan sumber nitrat alami. Nitrat alami adalah senyawa yang membuka pembuluh darah untuk meningkatkan aliran darah dan meringankan beban kerja jantung. Khasiat bayam yang satu ini juga tercatat dalam temuan sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Teh Journal of Nutrition.

Dalam penelitian tersebut, para peneliti melibatkan 11 pria dan tujuh wanita untuk mengonsumsi empat minuman kaya nitrat yang berbeda. Salah satu minuman itu ada yang terbuat dari bayam. Kemudian mereka menemukan bahwa kadar nitrat dalam darah meningkat setelah minum empat minuman tersebut.

Sementara itu, minuman yang terbuat dari sayur bayam berperan menurunkan tekanan darah. Bahkan tekanan darah diastolik tetap lebih rendah lima jam setelah mengonsumsi minuman yang terbuat dari sayur bayam.

5. Bayam Menyehatkan Mata

Selama ini sayuran populer dapat menyehatkan mata adalah wortel. Namun, selain wortel, sayur bayam juga memiliki khasiat yang sama. Itu karena dalam bayam terdapat kandungan berupa lutein yang telah terbukti mengurangi risiko degenerasi makula karena usia.

Degenerasi makula adalah penyakit mata yang dapat mengaburkan penglihatan sentral yang tajam. Orang dengan penyakit ini biasanya memiliki masalah saat mengemudi dan membaca. Penyakit ini bisa menyebabkan kebutaan bagi mereka yang bersuai 50 tahun ke atas,

Sementara itu tidak ada obat untuk menangani masalah ini. Namun, kamu bisa mencegahnya dengan banyak mengonsumsi sayur bayam. Menurut peneliti di Jepang, asupan bayam dapat meningkatkan lutein darah dan juga meningkatkan ukuran kepadatan optik pigmen makula. Pigmen itulah yang bertindak melindungi mata.

6. Olahan Bayam yang Mudah Dibuat

Bayam yang kaya nutrisi ini mudah diolah menjadi berbagai menu sehat untuk sarapan. Pertama, kamu bisa mengolahnya menjadi sayur bening. Bumbunya mudah, hanya berupa bawang merah, garam, gula dan kunci. Olahan sayur bayam ini bisa kamu campur dengan jagung manis, wortel, hingga oyong.

Atau kamu juga bisa membuat omelet bayam. Bahan yang dibutuhkan hanya berupa telur, bayam dan garam. Cara membuatnya juga mudah. Seperti membuat omelet telur pada umumnya, hanya saja kamu menambahkan sayur bayam. Kemudian masak hingga matang.

Selain sayur bening, bayam juga lezat jika diolah menjadi sayur bobor, makanan tradisional khas Jawa Tengah. Bahan yang digunakan ada bayam, labu siam, jagung dan tempe. Kemudian dimasak dengan bumbu bawang merah. bawang putih, kencur, ketumbar, gula, garam, daun salam dan santan. (Dtk)

Share