Tanpa Pemain Baru, Musim Panas Real Madrid Bisa Dibilang Sukses

Madrid, etalaseinfo.com – Tidak seperti biasanya, Real Madrid gagal mendaratkan satu pemain pun di bursa transfer musim panas ini. Meski begitu, keputusan mereka untuk mengerem pembelian masih bisa dikatakan sukses.

Hanya ada satu wajah anyar di skuad Real Madrid saat ini, yakni Martin Odegaard, yang sebenarnya bukanlah pemain baru. Hanya saja, ia baru kembali setelah menjalani masa pinjaman di klub yang berbeda selama tiga tahun terakhir.

Publik dibuat terkejut dengan keputusan Madrid untuk tidak merekrut pemain. Padahal, klub berjuluk Los Merengues itu kerap menghiasi halaman depan surat kabar karena berhasil mendatangkan nama-nama besar dari klub lain.

Musim kemarin, Madrid sampai menghamburkan uang senilai 350 juta euro untuk merekrut tujuh penggawa baru. Termasuk Eden Hazard yang direkrut dari Chelsea dengan mahar senilai 115 juta euro.

Meski demikian, keputusan Real Madrid untuk tidak merekrut satu pemain pun di musim panas ini mendapatkan pujian. Los Merengues dikatakan sukses lantaran berhasil merampingkan skuad yang sangat gemuk.

Dari hasil penjualan jebolan akademi saja, Madrid berhasil mendapatkan uang sebesar 110 juta euro. 90 juta euro di antaranya didapatkan dari kepergian Javi Sanchez, Borja Mayoral, Achraf Hakimi, Sergio Reguilon, Oscar Rodriguez, Dani Gomez hingga Jorge de Frutos.

Pemain muda yang dipinjamkan atau bahkan dijual membuat Real Madrid bisa mencapai angka 110 juta euro. Pemain ini meliputi Pablo Rodriguez, Alvaro Martin, Franchu, Javi Hernandez, Fran Garcia, Martin Calderon, Miguel Baeza, Sergio Lopez, Manu Hernando dan Soro.

Kepergian Takefusa Kubo, Dani Ceballos, Brahim Diaz, Jesus Vallejo, dan Reiner juga menghasilkan uang yang lumayan. Total sebanyak 25 juta euro berhasil diraup oleh sang juara bertahan La Liga tersebut.

Bukan cuma itu, Real Madrid juga berhasil melepas pemain yang sudah jarang mendapat kesempatan bermain selama di bawah asuhan Zinedine Zidane. Mereka adalah Gareth Bale dan juga James Rodriguez.

Sungguh besar pemasukan Real Madrid pada musim panas ini. Mereka memupuk pondasi agar bisa bertahan hidup dalam masa yang tidak menentu seperti sekarang. Dan bisa jadi, tahun depan mereka akan menggila di bursa transfer. (BN)

Bagikan