Telkom Resmi Buka Blokir Netflix, Pelanggan Indihome Dan Telkomsel Bisa Lega

Netflix Indihome

Jakarta – Sebuah kabar gembira datang dari salah satu provider layanan internet terbesar di Indonesia yaitu Telkom. Pasalnya, mulai hari ini, Selasa(7/7/2020) secara resmi telah membuka blokir akses pada salah satu layanan streaming video terbesar, yaitu Netflix.

Dengan adanya pembukaan blokir ini, tentu saja membuat pengguna jaringan internet dari Telkom group seperti Indihome dan Telkomsel bisa mengakses Netflix dengan mudah tanpa bantuan alat tambahan seperti VPN.

Pihak Telkom juga telah mengkonfirmasi tentang pembukaan blokir akses Indihome pada jaringan internet miliknya. Menurut perwakilan Telkom, Vice President Corporate Communication Telkom, Arif Prabowo. Pembukaan akses Netflix ini tak lepas dari upaya pendekatan platform streaming tersebut agar sesuai dengan tuntutan pasar Indonesia.

“Telkom mengapresiasi perubahan pendekatan yang dilakukan Netflix untuk pasar Indonesia dan karenanya memberi kesempatan pada pelanggan TelkomGroup untuk dapat mengakses beragam konten hiburan,” ujar Arif dalam keterangan resminya, Selasa (7/7/2020).

Saat ini, Netflix telah meluncurkan beberapa fitur yang bisa digunakan untuk mengontrol dan menyaring acara yang belum layak untuk anak usia dibawah umur(parental control).

Netflix juga disebut telah bersedia untuk mengikuti aturan-aturan yang telah dibuat oleh pemerintah Indonesia. Seperti mereka berjanji akan mendengar serta menyelesaikan keluhan dari pemerintah atau pihak regulator yang berwenang dalam kurun waktu 24jam.

Netflix juga telah menyetujui komitmen kepatuhan pada “Self Regulatory Code for Subscription Video on Demand Industry in ASEAN”. Sebuah komitmen yang membuat Netflix tidak menayangkan prohibited content meliputi konten yang melanggar hak cipta, mengandung pornografi anak, terorisme dan melanggar Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) serta yang mendiskreditkan kelompok masyarakat tertentu. (GB)

Share