Terinspirasi Manga, Pria Ini Sukses Jadi Chef hingga Dapat Bintang Michelin

Jakarta – Pria asal Korea Selatan ini jadi chef sushi karena terinspirasi cerita manga ‘Shota no Sushi’. Dari profesinya ini, ia bahkan berhasil mendapatkan bintang Michelin.

Ungkapan soal inspirasi bisa datang dari mana saja, sepertinya cocok untuk menggambarkan cerita hidup chef sushi Moon Gyonhan (33). Chef asal Korea Selatan ini berprofesi sebagai chef sushi setelah mendapatkan inspirasi dari manga berjudul ‘Shota no Sushi’.

‘Shota no Sushi’ adalah manga yang bercerita tentang seorang remaja yang berlatih membuat sushi. Hingga akhirnya remaja tersebut bisa menjadi seorang chef sushi.

Seperti dilansir dari Mothership (10/12), kisah Moon Gyonhan dibagikan oleh channel YouTube ANN News. Moon Gyonhan diketahui sebagai salah satu pemilik Sushiya Shota, restoran sushi ternama yang terkenal menggunakan teknik Edo.

Dulunya Moon Gyonhan juga sekolah memasak di Korea Selatan, lalu bekerja di restoran sushi ternama di Seoul. Karena ingin mengasah kemampuannya, Moon pindah ke Jepang di usia 24.

Lalu, Moon Gyonhan bekerja di restoran sushi yang letaknya ada di Ginza, Tokyo. Di sana ia berlatih selama 8 tahun untuk menjadi seorang pembuat sushi yang handal.

Pada akhirnya November 2019 lalu, Moon Gyonhan membuka restoran sushi bernama Sushiya Shota di Tokyo, Jepang. Bisnisnya restorannya ini tak begitu berjalan mulus, karena adanya pandemi Covid-19.

Ia juga mengalami kendala karena tidak diizinkan untuk memilih ikan dan produk lain untuk operasional harian restorannya. Padahal kesegaran dan kualitas ikan adalah hal penting untuk reputasi restoran miliknya.

Perjuangan sulitnya melawan pandemi Covid-19 ini akhirnya mereda setelah ia mendapatkan bintang Michelin pertamanya. Ia juga mendapatkan dukungan dari para pelanggan tetapnya.

Salah satu pelanggan tetapnya adalah Daisuke Terasawa yang merupakan penulis manga ‘Shota no Sushi’. Moon juga menyampaikan ungkapan terima kasih pada Daisuke Terasawa karena berkat manga tersebut ia mendapatkan inspirasi.

“Ini semua berkat Anda (Daisuke Terasawa) karena saya berhasil sampai sejauh ini. Saya ingin mengabdikan setiap hari untuk membuat sushi yang lebih enak,” ungkap Moon Gyonhan kepada ANN News. (Dtk)

Bagikan