Terkendala Syarat Calon Sekda Kota Metro Terancam Bakal Diisi dari Luar

Metro, etalaseinfo.com – Calon penganti Sekda Kota Metro terancam bakal diisi pejabat dari luar Kota Metro. Pasalnya, banyak pejabat dari Pemkot Metro yang terkendala dengan persyaratan. Hal tersebut terungkap melalui data pejabat Metro di kantor BKPSDM setempat.

Untuk di Kota Metro yang memenuhi persyaratan hanya ada tiga diantaranya, Bangkit Haryo Utomo yang kini menjabat sebagai Kepala Bappeda, drg Erla sebagai Kadis Kesehatan dan Eka Irianta sebagai Kadis Lingkungan Hidup. Sedangkan pejabat lainnya, ada yang sudah memenuhi syarat, namun terkendala dengan ketentuan umur, sehingga tidak bisa.

“Banyak pejabat Metro yang telah memenuhi persyaratan, namun terbentur usia,”ucap Kabid BKPSDM Metro Alex Destria, diruang kerjanya, Selasa (14/07). Diantaranya, Asisten I Ridwan, Asisten III Misnan, Kadis PU Irianto dan Maria Jayasinga, termasuk Kepala KB Prayitno.

Menurut Alex Destria mulai hari ini pemkot membuka lelang jabatan sekda melalui seleksi terbuka. Dikatakannya, ada 14 persyaratan yang harus dipenuhi untuk mengikuti lelang jabatan sekda. Diantaranya, pernah mengikuti diklat pimpinan 2, pernah menjabat eselon II, berusia minimal 56 tahun, harus berpendidikan S1 atau Diploma IV dan golongan 4B. “Lelang terbuka ini dilakukan untuk seluruh Lampung,”tuturnya.

Menurutnya, untuk calon sekda nantinya harus menjalankan asesmen. “Untuk asesmen Pemkot Metro bekerjasama dengan Asesmen Center Mabes Polri,”tandasnya.

Dikatakannya di Kota Metro ada dua jabatan yang kosong, yang akan dilakukan lelang, yakni, Sekda dan Kepala Badan Kesbangpol. “Untuk sekda dimulai 1 Agustus, sedangkan Kesbangpol menunggu perubahan nomenkelatur menjadi Badan yang dijabat Eselon II,”ujar Alex. Sedangkan pendaftaran calon sekda dan Kepala Badan Kesbangpol dilakukan lewat via email ke pemkot Metro, terkait dengan pandemi Covid-19. “Panitia tidak menerima berkas, semuanya lewat email,”tambahnya. (Red)

Bagikan