Tes CPNS Dimulai, Kemenpan-RB: Jangan Percaya Calo

0
2

Jakarta – Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dimulai hari ini. Para peserta diminta untuk tak percaya dengan calo.

Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian PAN-RB Setiawan Wangsaatmaja mengatakan tidak ada celah bagi calo untuk bisa menjanjikan peserta lolos tes CPNS.

“Kita tidak ada lagi percaya pada calo yang menjanjikan kelulusan. Mudah-mudahan semua kita setting, karena kita tidak membuka ruang kepada calo atau siapapun yang menjanjikan,” kata Setiawan di Kementerian PAN-RB, Jakarta, Senin (27/1/2020).

“Harus diketahui kiri kanan depan belakang soalnya berbeda. Itu semua diacak. Lalu ada monitor hasil peserta yang langsung dapat dilihat, di luar di ruang tunggu,” sambungnya.

Setiawan mengatakan, yang bisa meluluskan peserta hanyalah diri sendiri. Peserta diminta untuk bisa mempersiapkan diri dengan baik.

“Yang bisa meluluskan hanyalah dirinya. Jadi yang siap, yang belajar, yang mengikuti instruksi, itu yang bisa meluluskan dirinya,” katanya.

Lebih lanjut ia meminta kepada siapapun yang yang menjanjikan bisa meloloskan CPNS untuk segera dilaporkan ke pihak berwajib.

“Dan mohon melaporkan kepada yang berwajib, apabila ada yang menjanjikan ini itu. Ini sangat dibutuhkan supaya tingkat kesadaran seleksi CPNS ini dilakukan secara transparan, akuntabel, efektif, efisien, cepat, dan objektif,” tuturnya. (Dtk)