Tes Swab Belum Keluar, 10 PPDP di Lamsel Diganti

Tes Swab Belum Keluar 10 Ppdp Di Lamsel Diganti

Sejumlah PPDP di Kecamatan Palas, Lampung Selatan, saat menjalani rapid test di Puskesmas Palas, beberapa hari yang lalu. 

Kalianda – Sebanyak 18 orang Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) yang tersebar di 11 kecamatan di Lampung Selatan dinyatakan reaktif Covid-19 setelah menjalani rapid test beberapa hari yang lalu. Hal tersebut diungkapkan, Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Lamsel, Mislamuddin, Rabu, 15 Juli 2020.

Dari ke-18 PPDP itu, kata Mislamudin, setidaknya ada 8 PPDP berasal dari empat kecamatan telah dinyatakan negatif dari virus Covid-19 usai menjalani tes swab. Sedangkan, 10 PPDP lainnya masih menunggu hasilnya pada Kamis, 16 Juli 2020.

“PPDP dari empat kecamatan itu sudah kami terima hasilnya negatif ketika dilakukan tes swab oleh Dinas Kesehatan Lamsel,” kata dia. 

Mislamudin mengatakan ke-8 PPDP itu akhirnya ditetapkan dan diperbolehkan menjalankan tugas dan wewenang dalam melaksanakan pencocokan dan penelitian data pemilih yang dimulai pada hari ini (15 Juli 2020).

“Sedangkan, untuk 10 PPDP lainnya terpaksa kita ganti dengan rekrutmen ulang. Karena, kesepuluh PPDP ini hasil tes swab belum keluar dan belum tahu hasilnya negatif atau positif,” kata dia. 

Sementara itu, Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Sragi, Kuswanto mengatakan pihaknya telah melakukan pergantian terhadap salah satu PPDP yang dinyatakan reaktif. Bahkan, PPDP tersebut telah melaksanakan tugasnya dalam melakukan pencocokan dan penelitian data pemilih. 

“Alhamdulillah, sudah clear. Satu orang PPDP asal Desa Bandaragung yang dinyatakan reaktif sudah kami ganti yang baru. Bahkan, penggantinya sudah menjalani rapid test dan hasilnya negatif,” kata dia.

Mislamudin mengatakan ke-18 PPDP yang dinyatakan reaktif virus Covid-19 tersebut tersebar di Kecamatan Ketapang sebanyak 1 orang, Palas (2 orang), Sragi (1 orang), Kalianda (3 orang), Rajabasa (1 orang), Sidomulyo (3 orang), Way Sulan (1 orang), Katibung (2 orang), Merbaumataram (1 orang), Jatiagung (2 orang), dan Natar (1 orang).

“Kami sudah menerima hasil dari Dinas Kesehatan Lamsel. Dimana, dari rapid test itu menyatakan 18 PPDP reaktif virus Covid-19. Namun, itu belum tentu positif Covid-19, ya. Kemudian, semuanya dilakukan tes swab,” kata dia.  (LP)

Share