Tidak Ada YouTube Rewind Tahun Ini, Kenapa?

Jakarta – Sejak tahun 2010, YouTube selalu menutup tahun dengan menayangkan video kompilasi YouTube Rewind. Tapi untuk tahun ini video YouTube Rewind akan ditiadakan.

Video Rewind yang diunggah tiap tahunnya menyorot momen, kreator dan tren terbesar di YouTube selama setahun terakhir. Namun, karena tahun 2020 adalah tahun yang berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya, YouTube merasa kurang cocok jika meluncurkan video Rewind tahun ini.

“Kami tahu bahwa banyak hal baik yang terjadi di tahun 2020 diciptakan oleh kalian semua,” tulis YouTube dalam pernyataan yang diunggah di Twitter, seperti dikutip dari The Verge, Sabtu (13/11/2020).

“Kalian menemukan cara untuk menyenangkan orang lain, membantu mereka bertahan, dan membuat mereka tertawa. Kalian membuat tahun yang sulit menjadi jauh lebih baik,” sambungnya.

Tahun 2020 seharusnya menjadi tahun ke-10 anak perusahaan Google ini meluncurkan video Rewind. Tapi tahun ini justru menjadi tahun pertama YouTube Rewind absen sejak pertama kali ditayangkan 10 tahun yang lalu.

Netizen di Twitter memiliki reaksi yang berbeda terhadap pengumuman YouTube yang meniadakan Rewind tahun ini. Ada yang menganggap ini keputusan yang tepat, ada juga yang mengatakan ini seharusnya menjadi momen bagi YouTube untuk menyorot hal-hal positif yang terjadi di tahun 2020.

Video YouTube Rewind yang diisi oleh selebriti dan YouTuber wahid biasanya ditonton hingga ratusan juta kali setiap tahunnya. Meski banyak ditonton, banyak pengguna lainnya yang menganggap video ini sedikit mengecewakan.

Seperti contonya video YouTube Rewind 2018 yang dibintangi puluhan YouTuber dan selebriti, dari Gen Halilintar sampai Will Smith. Meski telah ditonton lebih dari 200 juta kali, video ini juga menjadi video paling tidak disukai di YouTube dengan 18 juta dislike.

Belum diketahui apakah YouTube akan menghadirkan kembali video Rewind di tahun 2021. (Dtk)

Bagikan