Tiga Jenis Kuliner Nusantara Jadi Favorit WNA

0
2
Aslida Rahardjo dalam peluncuran bukunya, "Resep Masakan Indonesia di 5 Benua" di Pondok Indah Mall, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Minggu (22/9/2019). (Ant)

Jakarta – Ini dia tiga hidangan nusantara yang menjadi favorit warga negara asing (WNA) yang diungkapkan oleh istri mantan duta besar Indonesia untuk China Aslida  Rahardjo, yang telah 20 tahun hidup di banyak negara. 

“Tiga hidangan itu adalah sate ayam, nasi goreng kampung dan gado-gado. Tapi mereka suka sekali dengan nasi goreng,” kata Aslida usai peluncuran buku “Resep Masakan Indonesia di 5 Benua” di Jakarta, Minggu. Menurut dia, banyak rekan yang menyukai nasi goreng tradisional Indonesia karena cita rasanya berbeda dengan nasi goreng khas China yang cenderung asin dan berwarna kemerahan.

“Karena kecapnya Indonesia itu rasanya berbeda sekali. Kecap kita ga ada di tempat lain, rasanya manis dan gurih. Itu yang membedakan dan jadi favorit teman-teman di luar negeri,” jelas Aslida. Namun, selain hidangan utama, kehadiran kerupuk udang juga menjadi pelengkap yang ditunggu-tunggu dalam masakan mantan diplomat muda di KBRI Wina, Austria itu.

“Lucunya, mereka juga suka sekali dengan kerupuk udang, atau mereka biasa sebut denganshrimp crackers sebagai pelengkap yang sederhana namun enak,” ujar dia. Resep nasi goreng tradisional, hingga makanan nusantara lainnya ala Aslida Rahardjo ini dapat ditemukan di bukunya yang bertajuk “Resep Masakan Indonesia di 5 Benua”, yang bisa didapatkan mulai hari ini di toko buku maupun secara daring. (Ant)