Tinggal di Australia, Emak Indonesia Ini Panen Ubi hingga Daun Singkong

Tinggal Di Australia Emak Indonesia Ini Panen Ubi Hingga Daun Singkong 4

Jakarta – Emak asal Indonesia yang tinggal di Australia ini hobi berkebun. Ia memamerkan momennya saat panen ubi, rebung, sereh, hingga daun singkong!

Lewat channel YouTube Emak Indo Tinggal di Australia, Melly Renata atau akrab disapa Mel sering membagikan keseruan aktivitasnya saat tinggal di negeri orang. Mel diketahui hobi berkebun. Ia menggarap lahan kosong untuk ditanami berbagai sayuran Indonesia.

Salah satunya sereh organik. Mel baru saja menunjukkan momen panen bumbu dapur ini. Menggunakan sarung tangan, ia langsung mencabuti rumput-rumput liar yang ada di sekitar sereh. Setelah itu ia hanya mencabut sereh yang sudah tua.

“Harus hati-hati karena di sebelahnya selalu ada yang baru tumbuh,” kata Mel. Terlihat serehnya tinggi dan besar. Mel memberi tips, sereh tua atau tanaman induk biasanya ada di bagian tengah. Ia pun cekatan mencari semua sereh-sereh yang memang layak panen.

Tinggal Di Australia Emak Indonesia Ini Panen Ubi Hingga Daun Singkong

Selain sereh, Mel juga panen ubi jalar organik di pekarangan rumahnya. Ternyata ini merupakan momen pertamanya panen ubi. Di balik daun-daun ubi yang sudah rusak akibat embun beku, Mel masih mendapati umbi yang lumayan besar. Jumlahnya pun cukup banyak.

Warna ubi ini putih, tidak oranye atau ungu seperti ubi kebanyakan. Lalu di dalamnya berwarna ungu. “Mereka menyebutnya di sini sebagai purple sweet potatoes,” terang Mel. Dulu ia juga sempat memanfaatkan daun ubi untuk diolah sebagai tumisan.

Momen Mel panen rebung bambu juga menarik perhatian. Apalagi ukurannya besar-besar. Semua bambu ini tumbuh di perkebunan D’Smiths miliknya. Terbagi dalam beberapa jenis dan pohonnya ada yang sudah sangat tinggi.

“Saya cuma bermodalkan pisau seperti ditusuk saja. Yang simple aja deh,” katanya. Mel mengeluarkan tenaga cukup besar saat harus memotong tunas yang tumbuh dari akar bambu ini. Tapi ia tak kecewa karena ukuran rebungnya besar-besar.

Tinggal Di Australia Emak Indonesia Ini Panen Ubi Hingga Daun Singkong 1

Kebun Mel diisi dengan banyak sayuran dan tumbuhan. Ia juga pernah menunjukkan momen panen daun singkong. Tadinya ia bertujuan memanen singkong, tapi ia juga tergoda memetik daun-daunnya yang berukuran besar.

Hasilnya ia memanen daun singkong sampai seember besar. “Ini dimasak daun singkong tumbuk kayaknya enak banget. Atau direbus dulu dicocol sambal terasi, enak juga. Selera kampung itu maknyus,” tutupnya.

Selain Mel, ada juga YouTuber Indonesia yang hobi berkebun dan panen sayuran Indonesia saat tinggal di negeri orang. Ia adalah Nona Toraja yang menetap di Jerman. Wanita bernama asli Ery ini punya kebun minimalis di kota Weinheim.

Meski kebunnya tak terlalu besar, ia menanam banyak sayuran Indonesia yang menarik. Mulai dari kacang panjang, pare, kangkung, sampai bayam merah. Aksinya menarik perhatian banyak netizen, terutama ketika Nona Toraja menunjukkan buah dan sayur yang sudah siap panen. (Dtk)

Share