Tingginya Curah Hujan Sebabkan Debit Air Sungai Way Umpu Meningkat, Warga Diminta Waspada

0
58
Kondisi air Sungai Way Umpu, Waykanan yang terlihat meningkat. Gambar diambil dari Jembatan Way Umpu.

Waykanan – Tingginya curah hujan yang mengguyur wilayah Kabupaten Waykanan sejak Kamis sore (29/11) hingga Jumat pagi, menyebabkan debit air Sungai Way Umpu di daerah itu meningkat, bahkan hampir tumpah ke jalan raya, kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Waykanan Rusli Arsyad.

Dengan kondisi ini, masyarakat terutama yang berada di pingiran sungai harus waspada, kata Rusli di Blambanganumpu, Waykanan, Jumat.

“Akibat hujan semalaman sampai Jumat pagi, membuat debit air sungai mengalami kenaikan, semoga tidak ada kampung yang kebanjiran, apalagi sawah-sawah para petani,” ujarnya.

Menurutnya, tingginya debit air ini diakibatkan tingginya curah hujan yang mengguyur Waykanan sejak Kamis (29/11) sore hingga Jumat pagi. Naiknya debit air ini membuat air Sungai Way Umpu hampir meluap dan menenggelamkan jembatan Way Umpu yang menjadi akses jalan utama lintas Sumatera.

“Para pengendara tetap harus waspada dan berhati-hati, karena jika debit air sungai terus meningkat, bisa saja jembatan tertutup air serta melumpuhkan jalur lintas Sumatera,” katanya.

Rusli mengimbau kepada seluruh masyarakat dan pengguna jalan tetap waspada dan berhati–hati karena air sungai dapat meluap kapan saja. (Ant)