Tingkatkan Ketahanan Keluarga, Pemprov Lampung Adakan Pelatihan dan Pembinaan Terpadu UP2K, PKK, DEKRANASDA & PERWOSI Se-Lampung

Kalianda, etalaseinfo.com – Wakil Ketua II Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Provinsi Lampung buka Pelatihan Terpadu Pembinaan dan Pelatihan UP2K, PKK, DEKRANASDA dan PERWOSI Provinsi Lampung di Kabupaten Lampung Selatan, Jum’at (20/11/2020).

Hadir pada kesempatan tersebut Pejabat Sementara (Pjs) Ketua TP PKK Kabupaten Lampung Selatan Pori Karlia Sulpakar, Wkail Ketua Dekranasda Kabupaten Lampung Selatan Yani Thamrin dan para Pengurus TP PKK, Dekranasda, Perwosi, PAUD, LKKS Provinsi Lampung dan Pengurus Kabupaten Lampung Selatan.

Dalam sambutannya Pori Karlia Sulpakar melaporkan kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan selama menjabat sebagai Pjs Ketua TP PKK Kabupaten Lampung Selatan.

“Ada beberapa hal yang akan kami laporkan kepada Ibu Wakil Ketua II TP PKK Provinsi Lampung, diantaranya kami telah melakukan Senam Lampung Berjaya bersama masyarakat dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), pembagian bahan makanan yang merupakan Program SIGER, pembagian masker dalam rangka mendukung Program Pemerintah Pencegahan Penyebaran Virus Corona dibeberapa Kecamatan, pembagian 1.000 butir telur kepada Pondok Pesantren dan Panti Asuhan, Sosialisasi Parenting Bagi Anggota Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Lampung Selatan dan Lomba Masakan Ikan guna Mendukung Pencegahan Stunting”, ujar Pori Karlia Sulpakar dalam laporannya.

Dalam arahannya Wakil Ketua II TP PKK Provinsi Lampung Hj. Rusdiana Dewi yang mewakili Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Lampung mengapresiasi kegiatan Tim Penggerak PKK Kabupaten Lampung Selatan.

“Mewakili Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Lampung Ny. Riana Sari Arinal, kami mengucapkan terima kasih sekaligus mengapresiasi kegiatan yang telah dilakukan Tim Penggerak PKK Kabupaten Lampung Selatan selama ini”, kata Rusdiana Dewi.

“Pandemi COVID 19 tidak hanya mengancam keselamatan jiwa, tetapi juga berdampak pada perekonomian Negeri kita. Tim Penggerak PKK, Dekranasda, Perwosi dan LKKS sebagai Mitra Pemerintah harus bisa memberikan solusi dan peran dari dampak tersebut”, lanjut Rusdiana Dewi.

Kegiatan ada hari ini merupakan salah satu solusi bagi masyarakat, diantara kegiatan yang akan kita lakukan adalah, yang pertama Pelatihan bagi 15 Kelompok Upaya Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) dengan melaksanakan Pelatihan Pengolahan Pangan dan Menjahit. Kedua, Bimbingan Teknis bagi 10 Usaha Kerajinan Masyarakat (UKM)”, jelas Rusdiana Dewi.

“Ketiga, Pembinaan Organisasi bagi Pengurus Perwosi dan yang Keempat, Bantuan 10 Paket Pemenuhan Dasar untuk korban tindak kekerasan/perdagangan orang”, lanjut Rusdiana.

Dengan adanya Pelatihan Terpadu ini “diharapkan dapat meningkatkan ketahanan keluarga khususnya dari sisi perekonomian serta dapat membangkitkan kembali UKM untuk terus berinovasi dan bergerak ditengah Pandemi COVID 19 saat ini”, jelas Rusdiana Dewi.

Pada kesempatan tersebut Rusdiana juga memberikan bantuan berupa 1 Unit Mesin Jahit Portabel, 1 Unit Oven, 20.000 Masker untuk TP PKK Kabupaten Lampung Selatan, 5.820 Masker untuk 10 UKM, 10 Paket Pemenuhan Dasar untuk korban kekerasan/perdagangan orang. (KMF)

Bagikan