Tips Aman Belanja ke Pasar ala Jubir dr Reisa Broto Asmoro

Dr Reisa Broto Asmoro 2 169

Jakarta – Saat ini pasar tradisional rentan menjadi tempat penularan virus Corona COVID-19. Banyaknya orang yang datang dari segala penjuru kota, membuat pasar penuh, sesak, hingga membuat virus dengan mudahnya menyebar tanpa kita sadari.

Tim Komunikasi Publik Gugus Tugas Nasional Percepatan Penanganan COVID-19, dr Reisa Broto Asmoro, mengatakan dengan keadaan yang ramai serta protokol kebersihan yang kurang membuat pasar menjadi tempat yang berisiko terjadinya penularan virus Corona.

“Banyaknya orang yang datang dari segala penjuru kota, seringkali menjadikan pasar penuh sesak. Kebersihan yang kurang terjaga, standar sanitasi dan higienis yang belum ketat membuat pasar menjadi tempat yang berisiko,” ujarnya dalam konferensi pers yang disiarkan oleh BNPB, Sabtu (13/6/2020).

dr Reisa pun memberikan beberapa tips untuk orang-orang yang akan pergi ke pasar, sebagai berikut:

  1. Jika sakit, jangan pergi ke pasar ataupun ke luar rumah sama sekali.
  2. Jika merasa sehat, praktikkan jaga jarak saat di pasar. Pakai masker dan selalu bawa cairan pencuci/pembersih tangan.
  3. Jangan lupa untuk membawa tas belanja sendiri dari rumah. Pastikan tas belanja bersih dan steril dari kuman.

Saat sampai di rumah, dr Reisa pun mengingatkan untuk mempraktikkan protokol pencegahan dan perlindungan anggota rumah tangga, seperti:

  1. Bersihkan semua bawaan yang dibawa dari pasar.
  2. Semprot alas kaki dengan disinfektan atau air serta sabun.
  3. Ganti baju dan segera mandi untuk membersihkan tubuh.
  4. Cuci semua barang belanjaan yang dibawa dari pasar.

(Dtk)

Share