TNI-Polri Siap Menjaga Keamanan Pemilu 2019, di Way Kanan

0
4

Way Kanan, etalaseinfo.com – TNI Kodim 0427 Way Kanan dan Polres Way Kanan menggelar Apel pergeseran pasukan di Lapangan Korpri Pemda Kabupaten Way Kanan, Senin(15/4/2019) pagi kemarin. Apel tersebut digelar dalam rangka menjaga keamanan masyarakat sampai ke tempat pemungutan suara (TPS) pada Pemilu 2019.

Apel skala besar dipimpin oleh Kapoles Way Kanan AKBP Andy Siswantoro, Dandim 0427 Way Kanan Letkol Inf. Czi. Komara. Hadir dalam acara Bupati Way Kanan H. Raden Adipati Surya, Komandan Skadron 12/Serbu Letkol CPN Fajar Purwawidada, para Pamatwil Polda Lampung, Kajari Kabupaten Way Kanan, Komisioner KPU Way Kanan,  Bawaslu Kabupaten Way Kanan, Pejabat Utama Polres Way Kanan, Kapolsek Jajaran Polres Way Kanan, anggota TNI dan Polri.

Kapolres Way Kanan AKBP Andy Siswantoro membacakan amanat Kapolda Lampung bahwa, pada hari ini diberangkatkan personel TNI-Polri yang akan melaksanakan  tugas pengamanan TPS di jajaran Polres Way Kanan, mulai hari ini tanggal 15 april s/d 18 april 2019 selama 4 ( Empat ) hari.

Jumlah personel TNI-Polri yang diterjunkan dalam mengamankan Pemilu 2019 di wilayah hukum Polres Way Kanan ada 589 personel terdiri dari Polres Way Kanan 430 personil. BKO Polda Lampung 23 personil. Brimob Polda Lampung  30 personil.TNI Kodim 0427/Way Kanan 106 personil.

Diharapkan dapat melaksanakan tugas secara optimal dalam mengamankan 1.518 TPS yang tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Way Kanan pada proses pemungutan suara Pemilu serentak 2019, yaitu hari Rabu 17 April 2019 mendatang, ploting penempatan personel yang akan mengamankan TPS pada Pemilu 2019 ini sudah sesuai dengan pola pengamanan berdasarkan tingkat kerawanan di masing-masing TPS, yaitu dari 1.518 TPS yang ada di Kabupaten Way Kanan terdapat TPS kurang rawan 1.472 TPS, TPS rawan 43 TPS dan TPS khusus sebanyak 3 TPS.

Kepada seluruh personel TNI-Polri yang akan melaksanakan tugas pengamanan pemilu 2019 agar merangkul dan bekerjasama dengan semua elemen masyarakat, serta mengajak untuk bersama-sama menyukseskan pelaksanaan Pemilu 2019. mari kita yakinkan kepada masyarakat bahwa ”TNI- Polri siap mengawal dan mengamankan Pemilu 2019”.

Kapolres juga mengatakan Polri berada  pada posisi netral tidak memihak Pasangan Capres Cawapres manapun, Polri berpihak kepada tugas pokoknya yaitu menjaga dan memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat.

Semoga Pemilu serentak tahun 2019 ini dapat berjalan dengan aman, damai, dan sejuk serta kondusif sehingga mampu menghasilkan dan melahirkan pemimpin nasional dan wakil rakyat yang benar- benar mampu mengantarkan bangsa indonesia menjadi bangsa yang maju yang memiliki keunggulan kompetitif dan mampu bersaing dengan negara-negara lain.

Kemudian upacara diakhiri dengan pembacaan deklarasi Pemilu damai aman dan sejuk serta NKRI harga mati.(Trbt)