TP PKK Lamtim Miliki Berbagai Program Kerja Positif Bagi Masyarakat

0
4

Sukadana, etalaseinfo.com – Mengerti akan pentingnya Program Kerja dalam menjalankan sebuah organisasi, Ketua TP PKK Kabupaten Lampung Timur, Putri Ernawati Zaiful Bokhari sampaikan program kerja pada Sosialisasi Program Kerja TP PKK Kabupaten Lampung Timur, yang digelar di Aula rumah dinas bupati Selasa (24/09/2019).

Hadir pula dalam acara tersebut, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Pengendalian Penduduk, Farida Norma, Plt. Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Permukiman dan Pertanahan,  Fauzan Iskandi, Kepala Bagian Keuangan Setdakab Lampung Timur, Rita Witriati, Kepala Bagian Hukum Setdakab Lampung Timur, I Ketut Budiase. 

Untuk diketahui program kerja sendiri merupakan sebuah rencana kegiatan organisasi yang disusun untuk jangka waktu tertentu dan telah disepakati oleh seluruh pengurus organisasi. Umumnya, program kerja ini dibuat dengan sangat mendetail dan terarah karena menjadi sebuah pedoman dalam mencapai tujuan organisasi. 

Dalam kesempatan tersebut, selaku Ketua TP PKK Kabupaten Lampung Timur, Putri Ernawati Zaiful Bokhari memaparkan program kerja yang dimiliki oleh TP PKK Kabupaten Lampung Timur. 

“Sosialisasi tentang pencegahan kekerasan dalam rumah tangga (PKDRT), kehidupan berkoperasi, Rumah Sehat dan Gerakan Sayang lbu (GSI). Bapak Ibu hadirin sekalian, sosialisasi pencegahan terjadinya kekerasan dalam rumah tangga melalui pemahaman keluarga sadar hukum perlu dilakukan untuk memberikan wawasan kepada kader PKK bahwa masyarakat harus memahami pentingnya pemenuhan hak-hak perempuan dan anak serta upaya peningkatan perlindungan terhadap perempuan dan anak dari tindak kekerasan”. 

Selanjutnya, istri dari orang nomor satu di Bumei Tuwah Bepadan itu menambahkan bahwa program kerja TP PKK Kabupaten Lampung Timur yaitu pengembangan kehidupan berkoperasi. Hal itu dimaksudkan agar masyarakat memahami pentingnya koperasi dengan dilaksanakan sosialisasi ini. 

Masih oleh Putri, “Selanjutnya adalah rumah sehat, dimana tempat tinggal layak huni dan bersih sangatlah penting karena sangat berpengaruh kepada kesehatan penghuninya. Saya minta kepada kader-kader Pengurus TP PKK untuk dapat menyampaikan informasi rumah sehat agar mayarakat mengetahui dan menerapkan guna mewujudkan kesehatan keluarga. Selain itu ada pula pokja Gerakan sayang Ibu (GSI), dimana GSI merupakan gerakan percepatan penurunan angka kematian Ibu dan Bayi yang dilaksanakan bersama-sama pemerintah dan masyarakat”.

Mengakhiri penyampaiannya, wanita yang juga menjabat sebagai Bunda Paud Lampung Timur itu menyambut baik dan mengapresiasi atas dilaksanakannya sosialisasi ini, ia yakin melalui sosialisasi ini dapat meningkatkan pemahaman dan ketrampilan bagi seluruh kader-kader pengurus TP PKK di wilayah Kabupaten Lampung Timur. 

“Jalankanlah amanah ini sebaik baiknya, seperti hasil sosialisasi hari ini apa yang kita dapat dari sosialisasi ini nanti kita sampaikan kepada kader kader lainnya”.

Dalam kesempatan tersebut, sebanyak 170 peserta turut ambil bagian mengikuti sosialisasi dengan rincian 50 orang pengurus TP PKK Lampung Timur, 24 orang TP PKK Kecamatan,  24 orang Ketua Pokja I TP PKK Kecamatan, 24 orang Ketua Pokja II TP PKK Kecamatan, 24 orang Ketua Pokja III TP PKK Kecamatan, dan 24 orang Ketua Pokja IV TP PKK Kecamatan. 

Usai berlangsungnya acara diskusi, acara tersebut dilanjutkan dengan kegiatan tanya jawab dengan peserta sosialisasi.(Humas)