Tren Kopi Tahun 2021, Alternatif Sehat Kopi hingga Kopi Kalengan

Di tahun 2021, tren kopi juga berkembang. Para pakar memprediksi minuman sehat alternatif kopi kian digemari dan kopi kalengan bakal populer.

Prediksi tren kuliner tahun 2021 sudah bermunculan. Tak hanya makanan utama dan dessert baru saja yang mencuri perhatian, tapi juga tren untuk minuman.

Salah satu yang populer adalah kopi. Sebagai minuman universal yang dinikmati hampir di seluruh dunia, para pakar memprediksi seperti apa tren kopi tahun 2021.

Tren kopi tahun ini ternyata bukan sekadar soal rasa atau jenis kopinya saja, melainkan juga bagaimana kopi dikemas dan dinikmati.

Varian kopi sehat dengan campuran bahan kaya manfaat diprediksi bakal semakin digemari. Lalu ada juga kopi kemasan kaleng yang menawarkan kepraktisan.

Bukan tidak mungkin kopi akan semakin populer dan dinikmati banyak orang tahun ini. Lalu apa saja tren kopi tahun 2021?

Kopi rasa internasional

Webstaurant Store (5/1) menyebut pencinta kopi semakin terbuka dengan kreasi minuman kopi baru, apalagi di tengah pandemi Covid-19.

Tren ini diperkirakan makin kuat dengan banyaknya minuman kopi Asia yang dikenal di dunia. Sebut saja dalgona coffee yang pertengahan 2020 begitu booming.

Di tahun 2021, dalgona coffee mungkin bakal muncul dalam variasi menarik. Misalnya Dalgona Boba Tea, Seasonal Dalgona yang dicampur rasa lain, hingga Dalgona Affogato dengan tambahan gelato.

Cita rasa kopi internasional lain yang juga diprediksi bakal tren adalah kopi Vietnam dan kopi Turki. Untuk kopi Vietnam, ciri khasnya ada pada pemakaian susu kental manis.

Lalu untuk kopi Turki ialah memakai bubuk kopi yang sangat halus. Cita rasa kopinya begitu kuat sehingga cocok disajikan bersama cokelat atau dessert Turki sebagai kudapan.

Tren kopi tahun 2021 selanjutnya adalah varian kopi yang gampang dibuat sendiri di rumah. Hal ini lantaran masih banyak orang yang fokus berkegiatan di rumah selama pandemi Covid-19.

Mereka butuh minuman kopi enak yang mudah diracik dengan kualitas seenak buatan coffee shop. Kopi instan akan jadi salah satu solusinya.

Bukan kopi instan biasa melainkan kopi instan berkualitas yang dibuat dari biji kopi organik atau dari perkebunan kopi yang mengusung konsep ‘fair trade’.

Lalu ada juga kopi kalengan yang disebut bakal menggantikan minuman soda kaleng karena dianggap lebih sehat.

Kepopuleran kopi kalengan ini dinilai menyusul wine, cocktail, dan teh kalengan yang sudah lebih dulu muncul.

Minuman sehat alternatif kopi

Di tengah pandemi Covid-19, semakin banyak orang yang kian memerhatikan kesehatan. Urusan minum kopi, pakar memprediksi banyak orang akan coba minuman selain kopi yang menyehatkan.

Mereka masih akan tetap minum kopi, namun tidak berlebih. Setelah mengasup cukup kafein dari kopi, pencinta kopi mungkin akan mencicipi minuman sehat lainnya.

Beberapa yang diprediksi bakal populer adalah matcha, cacao, dan golden milk latte. Minuman terakhir ini dibuat dari campuran kunyit dan rempah yang merupakan minuman tradisional India.

Pemakaian bahan sehat untuk kopi

Bagi pencinta kopi yang sudah ‘sadar kesehatan’, mereka diprediksi akan terus memperluas pilihan dengan memilih produk sehat lainnya.

Mushroom coffee adalah salah satu produk yang diperkirakan bakal tren. Jenis kopi ini tinggi antioksidan, dibuat dari campuran kopi hitam dengan bubuk jamur kaya khasiat.

Lalu ada juga kopi kunyit alias turmeric coffee yang tentu saja bagus untuk kesehatan. Campuran bubuk kunyit jadi bahan utamanya.

Paket langganan kopi

Perubahan pola konsumsi kopi juga termasuk tren kopi tahun 2021. Di Amerika Serikat terjadi perkembangan di mana hampir 79% peminum kopi menikmati kopi di rumah.

Sebanyak 45% di antara mereka menggunakan biji kopi panggang yang sudah digiling. Lalu semakin banyak roastery dan coffee shop yang membuat paket langganan.

Jenis kopinya beragam dan bisa disesuaikan dengan preferensi masing-masing orang. Selain kopi lokal dan single origin, kopi cold brew juga akan semakin dinikmati. (Dtk)

Bagikan