Tren Wisata Baru Jelajah Islandia Naik Kuda, Mau Coba?

Kuda Islandia 169

Reykjavik – Ada satu tren wisata baru di Islandia, yaitu menjelajahi negara itu naik kuda. Bukan kuda sembarangan, melainkan ras asli yang sudah ada sejak zaman Viking.

Udara dengan suhu super dingin tidak menghalangi wisatawan untuk datang jauh-jauh dan berwisata ke Islandia, negara dekat kutub yang suhunya sering minus di bawah nol derajat celcius.

Apa sih yang sebenarnya orang-orang cari di Islandia? Tentu saja pemandangan alam yang eksotis dan sensasi petualangan di alam liar yang tidak banyak ditawarkan negara lain.

Yang terbaru, wisatawan yang liburan ke Islandia bisa menjajal wisata naik kuda. Bukan kuda biasa, melainkan ras kuda Norse yang dipercaya sudah ada sejak zaman Viking, sekitar 1.000 tahun silam.

Dihimpun detikTravel dari beberapa sumber, Sabtu (5/9/2020), salah satu operator yang menyediakan jasa wisata naik kuda di Islandia adalah Hestaland. Lokasinya di dekat Borgarnes, sebelah barat Islandia.

Pemiliknya bernama Gudmar. Dengan percaya diri, Gudmar menyebut tidak ada cara terbaik untuk menjelajahi Islandia kecuali dengan naik kuda.

“Tidak ada cara terbaik untuk lebih dekat dengan alam, kecuali dengan berada di atas punggung kuda di tengah antah berantah,” ungkap Gudmar seperti dikutip dari Daily Mail.

Kuda asli Islandia sendiri punya penampakan yang berbeda dari kuda yang biasa kita lihat. Kuda ini memiliki perawakan tegap, namun tidak terlalu tinggi. Bulunya tebal dan panjang untuk menjaga badannya dari suhu dingin Islandia.

Warna bulu kuda di Islandia kebanyakan putih atau coklat, menyesuaikan dengan lingkungan di sekitar tempat hidupnya. Penampakan kuda di sini pun cenderung imut tapi gagah.

Ya, soal ketahanan, kuda Islandia adalah juaranya. Dia bisa membawa traveler berkelana selama berhari-hari, tanpa jeda. Kuda-kuda ini memang biasa digunakan sebagai alat transportasi saat cuaca sedang buruk, misalnya saat salju sedang tebal.

Jadi jangan heran jika bangsa Viking suka sekali naik kuda. Mereka tangguh dan bisa diandalkan. Leluhur kuda ini memang sengaja dibawa ke sini dari tanah Viking untuk kemudian berevolusi jadi kuda Islandia yang biasa kita lihat sekarang.

Traveler yang mau mencoba wisata naik kuda di Islandia, ada paketnya kok. Harga per kamarnya mulai dari 87 Euro semalam atau setara Rp 1,5 juta semalam.

Sebelum berwisata naik kuda, traveler akan diajari oleh pemandu yang berpengalaman. Selama wisata pun, traveler akan didampingi oleh pemandu. Jadi jangan takut tersesat. Bagaimana, tertarik coba?

(Dtk)

Share