Trump Belum Sepenuhnya Aman dari Covid-19

Presiden AS Donald Trump langsung lepas masker saat tiba di Gedung Putih. 

New York – Ucapan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump yang mendorong rakyat untuk tidak takut dan tetap beraktivitas mengundang kecaman. Pernyataan dikeluarkan Trump ketika kembali ke Gedung Putih usai keluar dari Rumah Sakit Militer Walter Reed.

“Jangan biarkan (Covid-19) itu mendominasi Anda. Jangan takut,” kata Trump dalam sebuah video tak lama setelah dia kembali ke Gedung Putih dari Walter Reed Medical Center. 

“Kami akan kembali dan kembali bekerja. Kami akan selalu mendukung. Jangan biarkan hal (Covid-19) itu mendominasi hidup Anda. Keluarlah, hati-hati,” ujarnya.

Belum sepenuhnya aman

Dokter Gedung Putih mengatakan Presiden, yang menerima oksigen dua kali dalam beberapa hari terakhir, “belum sepenuhnya aman”.

“Dia mungkin belum sepenuhnya keluar dari kesusahan,” kata dr Sean Conley, dokter Gedung Putih, seperti dikutip CNN, Selasa, 6 Oktober 2020.

“Jika kami bisa melewati Senin dengan dia tetap sama atau meningkat, lebih baik lagi, kami semua akan menghela napas lega,” katanya.

Tetapi Conley mengatakan tim medis yakin Trump akan mendapatkan perawatan medis kelas dunia sepanjang waktu di Gedung Putih. 

Tingkat keparahan penyakit Trump telah menjadi subjek spekulasi yang intens, dengan beberapa ahli medis mencatat sebagai pria tua yang kelebihan berat badan, ia berada dalam kategori yang lebih mungkin untuk mengembangkan komplikasi parah atau meninggal karena penyakit tersebut.

Dokter juga telah merawatnya dengan steroid, deksmetason, yang biasanya digunakan hanya pada kasus yang paling parah.

Biden kritik keterangan Trump

Biden pada Senin mengkritik Donald Trump karena mengatakan rakyat Amerika tidak boleh takut pada Covid-19 atau membiarkannya “mendominasi hidup Anda”.

“Saya melihat tweet yang dia lakukan, mereka menunjukkan kepada saya, dia berkata ‘jangan biarkan Covid mengendalikan hidup Anda,'” kata Biden kepada stasiun berita Florida Local 10 saat dia berkampanye di negara bagian medan pertempuran utama.

“Katakan itu kepada 205.000 keluarga yang kehilangan seseorang,” ujarnya.

Mantan wakil presiden menambahkan komentarnya pada Senin malam di sebuah acara balai kota di Miami, di mana dia mengkritik Trump karena mengabaikan pentingnya masker.

“Saya berharap presiden, setelah melalui apa yang dia alami, dan saya senang dia tampaknya datang dengan cukup baik, akan mengomunikasikan pelajaran yang tepat kepada rakyat Amerika: masker itu penting,” kata Biden.

“Masker ini, penting. Itu penting, menyelamatkan nyawa, mencegah penyebaran penyakit,” katanya.

Pernyataan Biden muncul hanya beberapa menit setelah Trump kembali ke Gedung Putih dari rumah sakit, dan melepas topeng wajahnya saat dia berdiri di balkon rumah besar.

“Ini perhatian besar. Saya harap tidak ada yang meninggalkan pesan dengan berpikir bahwa itu bukan masalah,” katanya. (LP)

Bagikan