Umat Buddha Lampung Rayakan Waisak Secara Online

Bandar Lampung – Tak seperti tahun sebelumnya, tahun ini umat Buddha tak bisa memperingati hari raya Waisak secara langsung. Peringatan tahunan itu hanya bisa dilakukan masing-masing melalui online.

Hal itu termaktub dalan surat imbauan nomor 22/WALUBI-LPG/3/2020. Peringatan hari raya waisak secara personal itu karena adanya pandemik global virus Covid-19.

“Semua menjalankan ibadah secara virtual online,” ujar Ketua Perwakilan Umat Buddha Indonesia (Walubi) Lampung Andi Lie Wirawan kepada lampost.co, Kamis, 7 Mei 2020.

Dalam kesempatan Hari Raya Waisak kali ini, ia mengajak seluruh umat untuk tetap menanam karma baik meski di tengah pandemi. Hal itu agar manusia mendapatkan buah hidup beruntung dan bahagia.

Hal itu sesuai dengan tema perayaan Waisak tahun ini yakni Memanfaatkan Momentum Waisak untuk Memajukan Kesadaran Buddha Dharma dan Pencerahan Serta Mengembangkan Kebijaksanaan.

“Beramailah dan berkebajikanlah, buahnya karma baik yang akan dipanen oleh dirinya masing-masing,” kata dia.

Andi berharap semoga semua masyarakat tetap sehat dan bahagia selalu. Tak lupa juga ia berdoa agar Indonesia segera keluar dari wabah korona.

“Semoga hari raya ini penuh berkah dan kasih sayang beserta semua keluarga,” pungkasnya.

Ia menambahkan, ibadah virtual dilakukan melalui channel Youtube Permabudhi www.youtube.com/channel/UCgESFbLXSh1MpqedOcS1. Selain itu, juga bisa melalui Youtube Parisadha Buddha Dharma Niciren Syosyu Indonesia (PBDNSI) www.youtube.com/channel/UCcTILJwOCF9CYP5bSNugddw.

“Karena kita tidak ada perayaan di vihara, tetapi diganti secara online. Maka diharapkan agar umat Buddha untuk mengikuti Pujabakti dan Meditasi detik-detik Waisak di rumah masing-masing melalui laman tersebut diatas,” ujarnya. (LP)

Share