Umat Katolik Madiun Merayakan Perayaan Paskah

0
4
Misa malam Paskah di Gereja Katolik Mater Dei Madiun. (Istimewa)

Madiun – Pastor Paroki Santo Cornelius Madiun Romo Boedi Prasetijo mengajak umat Katolik di wilayah setempat untuk merayakan Paskah dengan memaknai semangat dan cita-cita Raden Ajeng Kartini.

Pihaknya menilai perayaan Paskah tahun ini yang bersamaan dengan peringatan Hari Kartini tanggal 21 April bisa dimaknai dengan pesta habislah gelap (kematian Yesus) terbitlah terang (kebangkitan Tuhan Yesus Kristus).

“Segenap umat Katolik dan juga anak-anak Katolik hendaknya siap mewartakan wafat dan kebangkitan Tuhan kepada masyarakat dan teman-teman. Kita dipanggil untuk membawa terang Tuhan yakni cinta kasih dan damai Tuhan kepada mereka yang hidup dalam ‘kegelapan’ yakni hidup dosa, hidup dalam penderitaan, kesusahan dan mungkin perang, serta perselisihan,” ujar Romo Boedi, Sabtu.

Paskah mulai dirayakan umat Katolik saat malam Paskah dengan melakukan misa Sabtu Suci. Pantauan di lapangan, ribuan umat Katolik melakukan misa Sabtu Suci di Gereja Katolik Santo Cornelius di Jalan Pahlawan pada Sabtu malam. Misa perayaan malam Paskah atau Sabtu Suci tersebut dilaksanakan dua kali mengingat daya tampung gereja yang terbatas. Yakni misa pada pukul 18.00 WIB dan 21.00 WIB.

Romo Boedi menjelaskan perayaan agung Sabtu Suci atau malam Paskah terbagi dalam empat bagian liturgi. Pertama adalah upacara cahaya, kedua upacara sabda, ketiga upacara pembaptisan, dan keempat liturgi atau upacara ekaristi. Sabtu Suci merupakan bagian dari pekan suci Paskah yang dirayakan oleh umat Katolik di seluruh dunia. Pekan suci ini diawali dengan Minggu Palma, kemudian Kamis Putih, Jumat Agung, Sabtu Suci, dan Minggu Paskah.

Kondisi yang sama dilakukan oleh umat Katolik di Gereja Katolik Mater Dei Jalan Setia Budi Kota Madiun. Ratusan umat merayakan misa malam Paskah dengan khidmat. Pelaksanaan misa malam Paskah tersebut mendapat pengamanan ketat dari personel Kepolisian Resor (Polres) Madiun Kota. Pengamanan dilakukan untuk menciptakan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat Kota Madiun yang sedang melaksanakan ibadah Paskah.(Ant)