Umroh Disetop Karena Corona, Sebagian Jemaah Asal Lampung Terlanjur Di Saudi

0
2

Bandar Lampung, etalaseinfo.com – Selama periode Januari-Feburari 2020, setidaknya ada 9.030 lebih jemaah asal Lampung yang sudah terdaftar untuk umrah.

Kepala Bidang (Kabid) Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Lampung, M. Ansori, mengatakan bahwa tidak mengetahui pasti jumlah jemaah umrah asal Lampung yang sudah berangkat ke Tanah Suci.

“Jadi jumlah pastinya berapa kami tidak tahu, tapi kemarin saya dapat informasi itu jumlah jemaah umroh dari Lampung itu ada 9030-an per Januari-Februari, itu sudah termasuk yang berangkat. Tapi kita tidak tahu jumlah pastinya seperti apa,” katanya saat dihubungi Lampung Geh, Jumat (28/2).

Namun saat ini pemerintah Arab Saudi tengah mengambil kebijakan penghentian umrah untuk sementara waktu sebagai bentuk antisipasi terkait virus corona.

“Kita harus ikuti kebijakan itu, tapi kalau masalah jumlah kita gak bisa mendeteksinya karena pendaftarannya tidak melalui kita. Artinya ke Travel Biro dan tidak ada laporan ke kita, kita akan coba upayakan bagaimana caranya agar travel itu bisa lapor,” jelasnya.

Menurutnya kebijakan yang diambil pemerintah Arab Saudi ini juga tidak lain demi kebaikan para jemaah umrah itu sendiri agar terhindar dari virus mematikan tersebut.

“Ini kan bukan kemauan kita, tapi kebijakan dari pemerintah Arab Saudi. Intinya ini untuk kebaikan jemaah kita juga terkait kesehatan, kalau rudal kan kita tahu tempatnya di mana, kalau virus kan kita gak tahu. Jadi tindakan pencegahan dan sifatnya sementara, pemerintah kita berupaya agar dibuka kembali,” ungkapnya.

Dirinya tak dapat memastikan sampai kapan pemberhentian umrah tersebut, namun hingga saat ini pihaknya terus memantau informasi itu. (*)