Uniforia, Bola Resmi Euro 2020 Diluncurkan

0
4

Roma, etalaseinfo.com – Seiring mendekatnya putaran final Euro 2020, Adidas meluncurkan bola resmi untuk turnamen sepakbola antarnegara Eropa itu pada Kamis (7/11).

Bola baru ini diberi nama ‘Uniforia’, yang diinspirasi dari dua kata, unity daneuphoria. Sesuai namanya, bola ini diharapkan bisa menciptakan persatuan dan kegembiraan di seluruh penjuru Eropa.

Desain bola ini disesuaikan dengan format baru Euro 2020. Seperti diketahui, untuk pertama kalinya dalam sejarah, turnamen ini tidak digelar di satu atau dua negara tuan rumah, melainkan dihelat di 12 negara yang berbeda.

Uniforia memiliki garis-garis kuas berwarna hitam yang melambangkan kaburnya sekat-sekat perbedaan. Pada detail bola, terdapat pula koordinat lokasi stadion di 12 kota penyelenggara, yakni London, Glasgow, Dublin, Bilbao, Amsterdam, Kopenhagen, St. Petersburg, Munich, Budapest, Roma, Bukares, dan Baku.

“Ketika mendesain sebuah official match ball, kami selalu melihat kultur, seperti apa spirit yang ada di jalanan untuk bisa dibawa ke dalam stadion,” kata Anika Marie Kennaugh selaku Product Designer Adidas.

“Dan yang kami lihat di kota-kota tersebut adalah kebutuhan untuk bersatu demi perubahan. Euro 2020 adalah kesempatan besar bagi kita semua untuk menunjukkan kekuatan persatuan dan merayakan olahraga sebagai sesuatu yang bisa menghubungkan orang, ide, dan kreativitas.”

Saat ini, kualifikasi Euro 2020 sudah memasuki tahap akhir, dengan enam negara sudah memastikan kelolosan ke putaran final. Undian pembagian grup akan dilakukan pada 30 November 2019 di Bukares, Rumania.

Euro 2020, yang memperingati 60 tahun digelarnya ajang ini, akan berlangsung pada 12 Juni hingga 12 Juli 2020. (Goal)