Universitas Saburai Kembali Gelar Seminar Nasional Strategi Penulisan Proposal

Img 20200825 Wa0022

Bandarlampung, etalaseinfo.com – Universitas Saburai kembali menggelar seminar nasional (semnas), Selasa (25/8/2020).

Kali ini mengangkat tema ”Strategi Penulisan Proposal Hibah Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat”.

Ada empat narasumber yang dihadirkan. Diantaranya Masing-masing Didik Sulistyanto dari Universitas Jember; Dadang Sudrajat (STMIK IKMI Cirebon); Mahrinasari (Universitas Lampung); dan Achi Rinaldi (UIN Raden Intan Lampung).

Acara yang dibuka Rektor Universitas Saburai Henni Kusumastuti ini dimoderatori Adelina Hanum, Pemateri Didik memaparkan trik dan strategi memenangkan hibah penelitian. Seperti bagaimana menulis judul proposal riset yang menarik.”Yaitu tidak lebih dari 20 kata, ringkas, dan mudah dimengerti. Juga mencerminkan keseluruhan pekerjaan yang dilakukan, terutama tujuan, metode, dan hasil. Termasuk harus menjual dan boleh agak bombastis,” paparnya. Dia juga memberikan panduan menulis abstrak. Yakni merupakan miniatur latar belakang, ditulis terakhir, ringkas, padat, dan memiliki alur logika sistematik.
Terpenting, tidak lebih dari 500 kata.

Pemateri lainnya, Mahrinasari, menjelaskan soal penyusunan proposal penelitian dasar. Syaratnya, menghasilkan prinsip dasar teknologi, formulasi konsep/aplikasi teknologi, dan pembuktian konsep, fungsi, serta karakteristik penting.”Dengan sasaran menghasilkan teori yang berorientasi pada pada penjelasan atau penemuan, untuk antisipasi gejala, fenomena, kaidah, model, atau postulat baru yang mendukung proses teknologi, kesehatan, pertanian, dan lainnya dalam rangka mendukung penelitian terapan,” paparnya.

Sementara itu, Achi fokus pada path analysis (analisis jalur) sebagai alternatif metode dalam penelitian. Menurutnya, metode penelitian menjadi unsur penting dalam penelitian. Pemilihan metode yang tepat adalah salah satu kunci sukses penelitian.
”Untuk itu, penguasaan metode mutlak diperlukan,” pungkasnya.

Untuk diketahui, Universitas Saburai sebelumnya beberapa kali menggelar semnas secara daring.

Terakhir adalah pada Kamis (13/8/2020) dengan tema ”Manajemen Strategi di Era New Normal dari Berbagai Aspek.(Rls)

Share