Wabup Waykanan Serahkan Bantuan Kepada Tujuh Perpustakaan

0
3

Waykanan, etalaseinfo.com – Dinas Perpustakaan dan kearsipan Kabupaten Way Kanan menggelar Acara Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial dan menyerahkan Bantuan Buku, Komputer serta Server Secara Simbolis di Balai Kampung Bumi Ratu Kecamatan Blambangan Umpu, Kamis (10/10/2019) yang dihadiri oleh Wakil Bupati DR. Drs. H. Edward Antony, M.M, Kepala Dinas Perpustakaan dan kearsipan Drs. Juanda, M.M dan Camat Blambangan Umpu Sutrisno, S.IP., M.M.

Edward Antony saat menyampaikan sambutannya mengatakan bahwa kegiatan tersebut sebagai wujud apresiasi yang tinggi serta komitmen yang sungguh-sungguh baik dari Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah dalam upaya meningkatkan kualitas perpustakaan untuk masyarakat yang cerdas dan sejahtera.

Disamping itu, berbagai upaya guna meningkatkan kecerdasan terus dilakukan baik melalui pendidikan formal maupun non formal melalui pengembangan perpustakaan sebagai sarana belajar sepanjang hayat.

“Dengan keberadaan  perpustakaan  ini memiliki  peran  strategis  sebagai pusat  kegiatan  belajar  yang  akan  mengantarkan  masyarakat menjadi bangsa yang cerdas dan sejahtera.

Dan kita semua juga menyadari bahwa sejahtera hanya akan terwujud apabila masyarakat hidup cerdas salah satunya dengan terus belajar dan menjadikan budaya membaca sebagai kebutuhan”, ujar Wakil Bupati Edward Antony.

Selain itu, Wakil Bupati yang genap berusia 59 Tahun pada Tanggal 8 Oktober 2019  kemarin itu juga mengatakan bahwa  saat ini sedang dihadapkan pada perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang begitu pesat dengan suguhan berbagai infotaiment dengnan kemasan yangn beragam oleh media televisi disamping akses internet yang terus berkembang pesat yang sangat diperlukan strategi jitu agar masyarakat mau memanfaatkan perpustakaan.

“Tugas perputakaan juga tidak saja dituntut untuk profesional melainkan bagaimana dapat menjadikan perpustakaan sebagai tempat yang menarik untuk dikunjungi serta proaktif dalam melakukan upaya-upaya agar masyarakat tertarik untuk datang dan memanfaatkan perpustakaan sebagai pusat kegiatan belajar dengan pelayanan ekstensi melalui perpustakaan keliling”, lanjut Edward Antony yang juga menyampaikan bahwa apa yang dilakukan oleh Perpustakaan  Nasional  RI dan Pemerintah Daerah Way Kanan tentu masih  jauh dari cukup jika dibandingkan dengan kebutuhan masyarakat yang tersebar diseluruh Kabupaten Way Kanan, terlebih dengan dinamika yang terus  berkembang dan pesatnya perkembangan IPTEK dewasa ini.

Untuk itu diharapkan Perpustakaan Kampung dapat meneruskan program pengembangan perpustakaan sebagai sarana mencerdaskan masyarakat dengan mengupayakan sumber dana dan SDM yang ada. Dan Pemerintah Daerah Kabupaten Way Kanan siap mendukung, bekerjasama, berkolaborasi dan  mewujudkan sinergi untuk melakukan upaya peningkatan kualitas SDM melalui pengembangan  perpustakaan dan  peningkatan  kegemaran membaca.

“Khususnya Kampung yang menerima bantuan hari ini, saya harapkan dapat memanfaatkan sesuai    peruntukan yaitu layanan perpustakaan dan terus dikembangkan koleksinya sesuai kebutuhan    masyarakan setempat, guna menambah pengetahuan, wawasan, kecerdasan dan kemampuan/kualitas hidupnya”, pungkasnya.

Diketahui, pada acara tersebut juga diserahkan bantuan kepada Perpustakaan Kecamatan Blambangan Umpu, Perpustakaan Kampung Bumi Ratu, Perpustakaan  Kampung Umpu Bhakti, Perpustakaan  Kampung Umpu Kencana, Perpusatakaan Kampung Bhakti Negara Kecamatan Baradatu, Perpustakaan Kampung Kalipapan Kecamatan Negeri Agung, serta Perpustakaan Kampung Ramsai Kecamatan Way Tuba. (Hms)