Wakapolda Resmikan Desa Brajaluhur sebagai Desa Tangguh Nusantara

Wakapolda Resmikan Desa Brajaluhur Sebagai Desa Tangguh Nusantara

Wakapolda Lampung Brigjen Sudarsono saat memberikan arahan pada peresmian Desa Brajaluhur sebagai Desa Tangguh Nusantara. Dok. Polres Lamtim

Sukadana – Desa Brajaluhur, Kecamatan Brajaselebah, Lampung Timur, diresmikan menjadi Desa Tangguh Nusantara oleh Wakapolda Lampung, Brigjen Sudarsono, Selasa, 25 Agustus 2020. Desa Tangguh Nusantara  sebagai satu solusi bentuk nyata penerapan strategi problem pandemi dan juga merupakan hasil nyata dari perubahan paradigma serta konotasi upaya pencegahan dan penyelesaian masalah.

Wakapolda menyampaikan apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya untuk segala bentuk persiapan hingga di-launching-nya Desa Brajaluhur sebagai Desa Tangguh Nusantara. Dia mengungkapkan sampai saat ini hampir seluruh wilayah Indonesia mengalami pandemi Covid-19 yang telah telah menimbulkan permasalahan sosial dan ekonomi sehingga berdampak pada menurunnya daya beli masyarakat.

“Pemecahan masalah di tengah-tengah masyarakat dengan Desa Tangguh Nusantara adalah satu solusi bentuk nyata penerapan strategi problem pandemi. Selain itu juga merupakan hasil nyata dari perubahan paradigma serta konotasi upaya pencegahan dan penyelesaian masalah,” katanya.

Sementara Kapolres Lamtim AKBP Wawan Setiawan menyampaikan sebenarnya sebelum desa tangguh yang diresmikan di Jawa Timur, sudah lebih dahulu ada di Lamtim.  Namun, mungkin karena publikasinya saja yang terlambat sehingga gaungnya tak terdengar.

Kapolres mengajak semua stakeholder dan seluruh lapisan masyarakat untuk mengembalikan Lamtim kembali ke zona hijau. “Mudah-mudahan dengan adanya Desa Tangguh Nusantara ini menjadi pemicu desa-desa lain. Sedangkan untuk kamtibmas di Desa Braja Luhur juga sampai saat ini masih sangat kondusif, tangguh pangan, tangguh kesehatan, dan tangguh sosial ekonomi sehingga tidak salah jika dipilih sebagai Desa Tangguh Nusantara,” ujarnya.

Usai peresmian, kegiatan dilanjutkan dengan pengecekan lumbung pangan, rumah isolasi, alat pelindung diri (APD), praktek pemulasaran jenazah terdampak Covid-19, pengecekan lahan pertanian serta pemberian bantuan bibit ikan.

Peresmian Desa Tangguh Nusantara tersebut juga dihadiri Dandim 0429 Letkol Kav M Darwis, Sekkab Syahruddin Putera, para kepala OPD, Forkopimcam Brajaselebah, Kepala dan Pamong Desa Braja Luhur, dan lain-lain. (LP)

Share