Wakapolres Tanggamus Ikut Lepas Logistik Pemilu 2019 Kabupaten Tanggamus

0
6
Wakapolres Tanggamus Kompol Andik Purnomo Sigit saat melepas logistik Pemilu 2019 di Gudang KPU Tanggamus, Jumat (12/4/19)

Tanggamus, etalaseinfo.com – Distribusi logistik Pemilu 2019 di Kabupaten Tanggamus juga dilaksanakan secara serentak oleh KPU bersama stakeholder terkait di Gudang Logistik KPU yang berlokasi di Pekon Gisting Atas Kecamatan Gisting, Jumat (12/4/19).

Pada kesempatan itu, Wakapolres Tanggamus Kompol Andik Purnomo Sigit hadir bersama Kasdim 0424/TGM Mayor Inf. Suhada Erwin, Ketua KPU dan Bawaslu Tanggamus. Kabag Ops Kompol Bunyamin, SH. MH. Kabag Sumda Kompol Rinaldi Eka Saputra, SH. MH. Kapolsek Talang Padang Iptu Khairul Yassin Ariga, S.Kom.

Dalam sambutannya mengatakan bahwa dngan bergesernya logistik dari gudang KPU ke PPK, maka otomatis kerawan ikut bergeser. Namun menurutnya, untuk mengantisipasinya Polres Tanggamus bersama stakeholder siap untuk mengamankan logistik Pemilu 2019.

“Polres Tanggamus bersama TNI, KPU dan Bawaslu serta masyarakat siap mengamankannya. Dengan kerjasama tersebut Pemilu diharapkan dapat aman,” kata Kompol Andik Purnomo Sigit.

Sementara, menurut Ketua KPU Tanggamus Otto Yuri Saputra, logistik didistribusikan dengan cara bertahap ke Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) sampai 13 April 2019 mendatang.

“Distribusi ada dua tahapan, yang pertama berupa surat suara seluruh DPR, dari DPR RI, DPRD provinsi, DPRD kabupaten dan DPD. Selajutnya distribusi surat suara untuk pilpres, semua jenis formulir serta logistik lainnya. Ditambah logistik yang masih kurang,” kata Otto Yuri.

Ditambahkan bahwa, kotak suara wadah surat suara sudah dikunci dengan kabel tis dan diberi segel. Kemudian surat suara dimasukkan amplop tertutup dan dibungkus plastik.

Sementara itu menurut Kabag Ops Kompol Bunyamin, dalam pendistribusian tersebut Polres Tanggamus melakukan pengawalan hingga gudang PPK selanjutnya dilakukan pengamanan oleh Polsek setempat.

“Pengawalan distribusi menerjunkan 40 personil yang terbagi masing-masing 2 personil pengawalan hingga ke PPK,” kata Kompol Bunyamin usai pelepasan. (*)